Ririen Buka Latihan Mengayam Purun

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani membuka Pelatihan Mengayam Purun di Aula Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Banjarbaru.

Lurah Palam Katimin, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua TP PKK Kota Banjarbaru yang berkenan hadir untuk membuka kegiatan Pelatihan Mengayam Purun di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Banjarbaru.

“Pelatihan ini menggunakan dana DAU yang ada di Kelurahan Palam. Semoga dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga yang ada di Kelurahan Palam,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan bahwa purun merupakan jenis tumbuhan rumput yang biasanya hidup liar di sekitar rawa. di Kota Banjarbaru, purun sangat mudah didapatkan, terutama di daerah bekas galian PT Galuh Cempaka yang berada di wilayah Kelurahan Palam dan sekitarnya.

Tanpa diolah, Purun hanya akan terlihat sama seperti rumput lainnya. Atau seandainya pun dikumpulkan dan dijual harganya dipasaran akan relatif murah dan dulunya purun hanya di jual ke daerah lain namun sekarang kita sudah mulai mengolahnya.

Dalam falsafah pembangunan “nilai tambah” merupakan sesuatu yang mutlak dilakukan. Hal ini berlaku pula untuk purun, purun tanpa dianyam, nilainya akan lebih rendah dibanding purun yang telah dianyam.

Purun yang dianyam akan lebih rendah pula nilainya bila dibandingkan dengan purun yang dianyam dan diwarnai. Purun yang dianyam dan diwarnai akan lebih rendah nilainya dibanding dengan purun yang telah dianyam, diwarnai, dan diberi sentuhan kreatifitas.

Semakin banyak “nilai tambah” yang dimasukkan pada proses produksi, maka akan membuat nilai ekonomis purun menjadi semakin tinggi, yang tentunya akan berimbas pada meningkatnya kesejahteraan warga masyarakat, khususnya masyarakat Kelurahan Palam.

BACA JUGA :
Juara TTG Tingkat Provinsi, Petani Banjarbaru Siap Bersaing di Tingkat Nasional

Hj Ririen Nadjmi Adhani mengapresiasi kepada kelompok swadaya masyarakat gita kelurahan palam atas inisiatifnya melaksanakan pelatihan ini. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat di kelurahan palam.

Dengan tambahan keterampilan ini semoga akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan semoga dengan pelatihan ini juga dapat meningkatkan kualitas kerajinan purun di Kota Banjarbaru sehingga nilai ekonomis purun yang diproduksi dapat semakin tinggi.

Karena itu kepada seluruh peserta, ikutilah pelatihan ini dengan seksama. Saya juga berharap agar masyarakat dapat menjadi mandiri serta dapat membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan. (rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top