Nadjmi Ikuti Jalan Sehat Berhadian di Sunga Ulin

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN – Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani mendampingi Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani saat menghadiri Acara Tasyakuran dan Jalan Sehat Berhadiah serta sosialisasi PHBS di Taman Blok D Komplek Bukit Sirkuit Damai Jalan Jeruk RT 025/RW 006 Kelurahan Sungai Ulin Kecamatan Banjarbaru Utara. Tampak Camat Banjarbaru Utara, Lurah Sungai Ulin, Ketua TP PKK Kecamatan Banjarbaru Utara, Ketua TP PKK Kelurahan Sungai Ulin, Kepala Puskesmas Sungai Ulin dan undangan lainnya serta masyarakat Blok D Komplek Bukit Sirkuit Damai.

Ketua RT 025 Samporna menyampaikan ucapan terimakasih kepada Walikota Banjarbaru mendampingi Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Camat Banjarbaru Utara dan juga Lurah Sungai Ulin yang telah bisa berhadir pada dan Jalan Sehat Berhadiah ini. Kita sangat bersyukur karena Komplek Bukit Sirkuit Damai berhasil menjadi juara I PHBS tingkat Kota Banjarbaru dan kita harus siap mewakili Banjarbaru pada penilaian di tingkat Provinsi nanti.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan bahwa selain senam bersama, disini juga melaksanakan jalan sehat. Dimana dengan kegiatan jalan sehat ini kita mendukung untuk menjalankan gerakan masyarakat sehat (germas). Karena kesehatan adalah suatu faktor yang sangat berharga didalam kehidupan. Tubuh yang sehat dapat meringankan kita dalam melakukan bermacam–macam pekerjaan dan kesibukan tanpa kendala. Dengan berkumpul bersama-sama seperti pada hari ini, kita juga dapat meningkatkan semangat kebersamaan, patriotisme dan nasionalisme di masyarakat.

Diharapkan kedepannya kita juga dapat lebih meningkatkan semangat untuk berkarya lebih baik lagi, agar menjadi sumber daya manusia yang unggul, sehingga mampu membawa daerah kita, bangsa dan negara kita menuju era kemajuannya. “semangat nasionalisme” sangatlah penting. Nasionalisme dapat menyatukan kita, karena jiwa nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras, dan agama. Dengan adanya nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar sesama.

BACA JUGA :
Expo Pendidikan Untuk Picu Dunia Pendidikan

Terkait PHBS Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan, semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu–individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari–hari yang bersih dan sehat. Dan manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Dimana 10 indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga adalah: Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan. Pemberian ASI eksklusif. Menimbang bayi dan balita secara berkala.
Cuci tangan dengan sabun dan air bersih. Menggunakan air bersih. Menggunakan jamban sehat. Memberantas jentik nyamuk. Konsumsi buah dan sayur. Melakukan aktivitas fisik setiap hari. Tidak merokok di dalam rumah.

Hj Ririen Nadjmi Adhani berpesan kepada warga Komplek Bukit Sirkuit Damai agar bisa menjaga lingkungannya, terutama jangan membakar sampah dan merokok di sembarang tempat.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Banjarbaru yakin bahwa Komplek Bukit Sirkuit Damai bisa menjadi yang terbaik karena telah terpilih untuk membawa nama baik Kota banjarbaru pada lomba PHBS di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Apalagi di Komplek ini kekompakan dan kerbersamaan terjalin dengan baik.

Pada kesempatan itu Hj Ririen Nadjmi Adhani mengibarkan bendera start sebagai tanda di lepasnya gerak jalan sehat warga Komplek Bukit Sirkuit Damai. (rul)

Berita Terbaru

Scroll to Top