Hari Santri Nasional di Kabupaten Banjar Meriah dengan Pameran dan Perlombaan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
PAMERAN - Pameran dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2019 di RTH Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, 22 - 25 Oktober 2019.

klikkalimantan.com – Kemeriahan peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Kabupaten Banjar begitu terasa. Dimotori Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang menggandeng Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PC NU) Kabupaten Banjar, sejumlah kegiatan dilaksanakan di Ruang Tebuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura selama empat hari, 22 – 24 Oktober 2019.

Pameran yang diikuti sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Banjar, menjadi agenda utama pada peringatan Hari Santri Nasional yang tahun ini mengusung tema ‘Santri Unggul Indonesia Makmur’. Di panggung utama RTH Alun-alun Ratu Zalecha, juga dilaksanakan berbagai perlombaan antar santri dan pondok pesantren.

Beberapa lomba yang dilaksanakan di antaranya; Tilawatil Quran, Khatil Quran, Maulid Habsyi, Pidato Bahasa Arab, dan Qiraatul Kutub. “Kirab santri dan seminar juga dilaksanakan,” kata Nuryadi, Ketua PC NU Kabupaten Banjar.

Peringatan Hari Santri Nasional dnegan berbagai kegiatan yang dilaksankan, menurut Nuryadi, menjadi ajang tukar pikiran, pengalaman, dan pengetahun antar santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Banjar. Karena di Kabupaten Banjar, tersebar puluhan pondok pensatren dengan berbagai potensi yang dimiliki.

Haris Rifani, Kepala Disbudpar Kabupaten Banjar mengatakan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan memperingati Hari Santri Nasional bentuk upaya melestarikan seni dan budaya Islam, juga kearifan Kabupaten Banjar yang notabene tersohor sebagai Serambi Mekkah dan kotanya para santri. (*)

 

BACA JUGA :
Pembongkaran Jamban Apung 2019 Dimulai