Cegah Kanker Serviks Dengan Pemeriksaan Rutin

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan melakukan kunjungan/supervisi pekan deteksi dini dengan metode IVA diseluruh puskesmas di kelurahan dan kecamatan se Kota Banjarbaru.

Kegiatan tersebut dimulai dari Puskesmas Sungai Besar, dan puskesmas Banjarbaru Selatan, turut hadir ibu Rika Agustina, Pokja IV PKK Kota Banjarbaru Neny herlina, Ismed Aliyudin, perkawilan Dinas kesehatan Kota Banjarbaru KASI PTM dan Keswa Taufik Riadi.

Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan, menyampaikan kegiatan pencegahan dengan metode IVA test adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat, atau dikenal juga dengan sebutan visual inspection with acetic acid (VIA).

“Artinya, pemeriksaan IVA juga termasuk ke dalam salah satu metode skrining kanker serviks atau leher rahim, dengan metode seperti ini sangat penting dilakukan karena pemeriksaan dan pencegahan dini seperti ini sangat bagus untuk dilakukan,” ujarnya.

Wujud nyatanya presentasi dari tahun-tahun ke tahun angka penderita kanker serviks dan payudara di Kota Banjarbaru bisa semakin menurun, dan di tahun ini informasi yang didapat dari Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru jumlah peserta pendaftar sampai hari ini sudah melebihi pada target yang sudah di tentukan, dari sekitar 1000 an target peserta yang di mengikuti kegiatan ini yang terdaftar sudah mencapai 1000 lebih, dan persyaratan untuk mendaftarkan diri ke Puskesmas terdekat hanya dengan membawa fotocopy KTP peserta.

Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan juga selalu berpesan agar selalu rutin memeriksakan diri ke rumah sakit-rumah sakit ataupun puskesmas yang ada di Kota Banjarbaru, sehingga dapat terwujudnya warga Kota Banjarbaru khususnya dapat menuju Kota yang sehat dan juga menyampaikan kepada seluruh Masyarakat agar bersama-bersama menjaga kesehatan dan bersama sama rajin melakukan pencegahan dini, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. (nsh)

BACA JUGA :  Banjarbaru Raih Kota Paling Inspriratif di Kalsel