Sekda dan Jajaran Gotong Royong Bersihkan Drainase 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, BATULICIN – Tak ingin ruas jalan utama di pusat kota Batulicin selaku Ibukota Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengalami  banjir, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu,  H Rooswandi Salem, memimpin langsung kerja bakti di wilayah Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Simpang Empat, Jumat (10/7) pagi.

Menurut H Rooswandi, kerja bakti ini dilaksanakan untuk mengatasi genangan air di wilayah Kelurahan Kampung baru dan sekitarnya.

“Perlu penanganan segera, agar genangan air cepat turun. Untuk itu digelar kerja bakti melibatkan instansi terkait,” ujarnya.

Ke depan, papar Sekda, permasalahan genangan air di perkotaan ini menjadi fokus utama pembangunan daerah. “Saya sudah sampaikan ke Dinas PU terkait rencana-rencana pembangunan yang perlu dilakukan, agar permasahan genangan air ini dapat diatasi,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PU Tanbu, H Ansyari Firdaus, mengatakan apa yang pihaknya lakukan ini sebagai bentuk reaksi cepat pemerintah daerah dengan cara kerja bakti, dengan langsung menurunkan 1 unit alat berat excavator untuk mengeruk drainase, 1 unit truck sampah, dan 1 unit Damkar Posko Simpang Empat, serta puluhan petugas kebersihan.

“Ada beberapa titik dilakukan pengerukan drainase agar air mengalir, sehingga genangan air cepat turun,” ujarnya.

Salah satu warga mengaku, genangan air di sekitar rumahnya berangsur surut setelah adanya kerja bakti yang dilakukan oleh jajaran pemerintah daerah. “Alhamdulillah air sudah mulai surut. Drainase yang sebelumnya tertutup lancar kembali,” ucapnya.

Adapun Kerja bakti berlangsung mulai pukul 09.00 hingga  11.00 wita, dengan sasaran utama genangan air di depan Kantor Pos dan perbaikan saluran air di Jalan Fitrianor.

Genangan air di wilayah perkotaan ini disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir. Selain itu, saluran air yang buntu tertutup batu dan sampah juga mengakibatkan genangan air yang cukup tinggi. Akibatnya, air masuk ke rumah-rumah warga setinggi mata kaki.

BACA JUGA :
Habib Abdullah Prihatin Terhadap Ustazd Bertarget

Untuk mengatasi banjir tersebut, pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) bersama Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Dinas Satpol dan Damkar, Dinas Perkimtan, Camat Simpang Empat, Lurah Kampung Baru, dan Kepala Desa Bersujud, melaksanakan kerja bakti.(mz/klik)