Disnakbun Banjar Pastikan Hewan Qurban Aman

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Jelang peringatan Hari Raya Idul Adha 1441, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar, Dondit Bhekti menyampaikan kesiapan hewan qurban.

Disampaikan Dondit pada konferensi video di Command Center Martapura, Kamis (16/7/2020), terdata 1.040 hewan qurban yang tersebar di 46 titik. “Dari Kecamatan Aranio sampai Sungai Pinang,” ujarnya.

Menurutnya, dari jumlah yang ada, 80 persen hewa qurban sudah dilaksanakan pemeriksaan awa dan dipastikan dalam kondisi swhat dan baik untuk disembelih.

Ditambahkan Dondit, dari hasil wawancara dengan pengumpul hewan qurban, diprediksi terjadi penurunan stok hewan qurban. Karena di tahun 2019 ada 1.090 hewan kurban disiapkan.

“Tahun sebelum, dua pekan jelang hari raya sudah terjual 60 persen. Tapi tahun ini penjualan hewan qurban di tingkat pengumpul tidak sampai 50 persen,” kata Dondit.

Ia juga mengingatkan agar pelaksana penyembelihan hewan kurban tidak kecolongan pada pemotongan hewan betina produktif.

“Mudah-mudahan untuk tahun ini tidak kecolongan pemotongan hewan kurban betina produktif, karena itu ada aturan hukumnya, bisa kena pidana dan perdata, tapi semua pengumpul ternak termasuk mushala dan masjid sudah kita beri himbauan,” terangnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Cadangan Beras Kabupaten Banjar 17 Ton, Ketua DPRD: Saya Kaget

Berita Terbaru

Scroll to Top