Cegah Stunting, Awasi Pertumbuhan Anak

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN,BANJARBARU – Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menghadiri kegiatan  Edukasi Sajian “Isi Piringku” bagi Ibu Hamil dalam rangka Pencegahan STUNTING di Provinsi Kalimantan Selatan, dengan tema Cegah Stunting, kita jaga dengan 1000 hari kehidupan. Bertempat di Komplek Perkantoran Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Banjarbaru.

Tampak hadir Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor, Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Djuwita Anfasa Moeloek SpM (K), Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan, ibu-ibu hamil perwakilan Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan sebanyak 2.053 orang dan tamu undangan lainnya. Pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan Rekor Muri kepada Ketua TP PKK Prov Kalsel di saksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof  Dr dr Nila Djuwita Anfasa Moeloek SpM (K) dalam sambutannya menyampaikan bahwa umumnya stunting terjadi pada balita, khususnya usia 1-3 tahun. Pada rentang usia tersebut, ibu dapat mengenal apakah anak mengalami stunting atau tidak. Dampak stunting yang bisa terlihat adalah pertumbuhan tinggi dan berat anak jauh di bawah rata-rata anak seusianya. Stunting juga membuat tumbuh kembang anak tidak optimal sehingga terlambat jalan atau kemampuan motoriknya kurang optimal.

Selain itu stunting juga mempengaruhi kecerdasan dan kemampuan belajar anak. Menurut sebuah penelitian, stunting bisa membuat IQ anak lebih rendah dibanding anak seusianya. Anak akan sulit belajar dan berkonsentrasi akibat kekurangan gizi. Dampak lain dari stunting, anak dapat mudah terserang penyakit dan berisiko terkena berbagai penyakit saat dewasa seperti diabetes, jantung, kanker dan stroke. Bahkan stunting juga bisa berujung pada kematian usia dini.

Untuk mencegah anak stunting, bisa dilakukan sejak dini semenjak masa kehamilan. Kuncinya tentu dengan meningkatkan asupan gizi ibu hamil dengan makanan yang berkualitas baik. Zat besi dan asam folat adalah kombinasi nutrisi penting selama kehamilan yang dapat mencegah stunting pada anak ketika ia dilahirkan nanti. (rul)

BACA JUGA :
Dua Hari Lokakarya K3 di RSD Idaman Banjarbaru, Banyak Masukan dan Saran

Berita Terbaru

Scroll to Top