Polsek Juai Buat Ruangan Khusus PPA

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Klikkalimantan.com, PARINGIN – Polsek Juai terus berbenah dalam mewujudkan pemberian pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Sekarang ini, pihak Polsek Juai tengah mempersiapkan ruangan khusus ruang konseling unit perlindungan perempuan dan anak. Ruangan khusus ini nantinya diperuntukan bagi proses pemeriksaan anak yang berhadapan dengan hukum (ABH).
Ruangan yang didesain seperti ruangan anak dengan dinding bergambar kartun tersebut, juga dilengkapi dengan ruangan untuk menyusui.
Kapolsek Juai, AKP Paisal Kadapi, menyampaikan, ruangan ini dibuat khusus untuk unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Karena dikhususkan bagi anak, maka dibuat senyaman mungkin bagi anak.
“Karena unit PPA, makanya dibuat senyaman mungkin. Ini merupakan upaya kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat” ujar Paisal, ketika ditemui di Polsek Juai, Selasa (20/10/2020).
Menurut Paisal, susahnya anak dalam berbicara mengenai keterkaitannya dalam suatu tindak pidana, menjadi salah satu kendala dalam proses penyidikan.
“Karenanya, Polsek membuat terobosan baru dengan mendesain ruang konseling unit PPA seperti ruang bermain ini, yang diharapkan mampu mempercepat proses penyidikan kasus yang melibatkan anak-anak nantinya,” ujarnya.
Terlepas dari itu, Kapolsek Juai Paisal Kadapi mengimbau, masyarakat khususnya para orangtua untuk selalui mengawasi dan memantau aktivitas anak.
“Terlebih saat anak-anak sedang berada di luar rumah. Karena orangtua mempunyai kewajiban besar untuk melindungi anak,” katanya.
Dengan bergulirnya waktu, papar Paisal, banyak pula orangtua yang tidak bertanggung jawab dengan tugasnya sendiri.
Ia berharap, orangtua bisa mengubah kebiasaan buruk dalam mengasuh anak. Yakni dengan menjadi orangtua yang bertangung jawab dalam menjalankan kewajibannya, dan mentaati aturan hukum sesuai perlindungan anak.
“Orangtua tidak boleh membiarkan anak dilepas begitu saja. Anak harus tetap diberi perhatian penuh. Adakalanya kelemahan-kelemahan orangtua saat ini tidak mengawasi anak-anak mereka, itulah yang dimanfaatkan oleh orang-orang yang mempunyai niat jahat,” tutur Kapolsek.
Sentuhan hangat orang tua, ungkap Kadapi, akan menjadi kekuatan bagi anak-anak. Anak akan bangkit dari setiap masalah yang ia hadapi karena ada bimbingan dan sentuhan dari orangtua.
“Bimbingan dan sentuhan inilah yang menjadikan anak kuat, secara lahir dan batin. Ayo kita wujudkan keluarga sebagai lingkungan terdekat bagi anak yang mendukung masa depan anak,” pungkasnya.(rdh/klik)

BACA JUGA :
27.749 Hektare Hutan Mangrove Kalsel Kritis