BPN Balangan Serahkan 8.761 Surat Tanah kepada Warga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Klikkalimantan.com, PARINGIN – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Balangan secara simbolis menyerahkan 8.761 lembar sertifikat tanah kepada masyarakat Balangan dalam acara di Aula Benteng Tundakan, Kantor Pemerintah Daerah Balangan, Selasa (05/01/2020).

Penyerahan sertifikat tanah yang merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dijalankan oleh pemerintah ini dilakukan langsung oleh Didik Prasetyo Widianto selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan.

Menurut Didik, sertifikat yang diserahkan ini merupakan yang diterbitkan BPN Balangan di tahun 2020.

“Sebanyak 8.761 lembar sertifikasi tanah tersebut adalah hasil yang diterbitkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan di tahun 2020, yang terdiri dari 1.200 sertifikat retribusi, dan 7.561 sertifikat PTSL,” ucap Didik Prasetyo Widianto.

Pihaknya sendiri, lanjut Didik, menargetkan semua bidang tanah di Kabupaten Balangan bisa memiliki sertifikat melalui program pembuatan sertifikat gratis, sampai tahun 2025 nanti.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Balangan khususnya, yang nantinya desanya akan ditunjuk sebagai lokasi pemetaan tanah tersebut, agar memanfaatkannya untuk mendapatkan sertifikat tanah secara gratis.

“Untuk informasi, tahun 2021 ini ada sertifikasi sekitar 4.500 bidang tanah, dan pemetaan bidang tanahnya ada sebanyak 44.000,” bebernya.(rdh/klik)

BACA JUGA :
Bupati Taman Perda ‘Pokar Balangan untuk Negeri’