Walikota Banjarmasin Sambangi Pemukiman Terendam Banjir

H Ibnu Sina: Saya Imbau Para Lurah Turun

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Debit air sejumlah sungai hampir di seluruh kota Banjarmasin meninggi, sebagai dampak dari tingginya intensitas hujan yang turun di Ibukota Kalimantan Selatan ini beberapa dalam hari terakhir.

Selain merendam beberapa ruas jalan, akibat luapan air sungai itu ini beberapa pemukiman penduduk pun ikut jadi korban dalam banjir tahunan ini.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina pun langsung turun ke lapangan, untuk memantau kondisi masyarakat serta luapan air sungai yang terjadi.
Ada dua kawasan yang sempat disambanginya. Yakni kawasan Kelurahan Karang Mekar, dan kawasan Kelurahan Sungai Lulut.

Dengan menggunakan sepeda motor, orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini berusaha menemui warga yang menjadi korban banjir tersebut.

“Jadi ini akibat intensitas hujan yang sangat lebat dalam beberapa hari terakhir, sehingga sungai tidak dapat menampung debit air,” ujarnya, Rabu (13/01).
Untuk itu, Ibnu meminta masyarakat sabar dan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Terutama saluran-saluran drainase yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. “Dengan adanya musibah ini, saya minta masyarakat sabar, kemudian tetap mengusahakan agar saluran-saluran air tidak tersumbat,” ucapnya.

Kepada para Lurah yang ada di kota ini, ia minta bisa memetakan kawasan-kawasan yang ada di sekitar, yang menjadi langganan banjir.

Mudah-mudahan, harapnya, dengan adanya pemetaan itu, dapat diketahui kawasan mana yang memerlukan rehabilitas atau peninggian badan jalan. “Saya imbau para Lurah turun dan melihat kawasan atau daerah mana datarannya yang harus ditinggikan. Mudah-mudahan dengan melihat langsung, dapat menjadi masukan bagi penanganan selanjutnya,” pungkasnya.(sin/klik)

 

Advnativ