Pemko Banjarmasin Gelar Konsultasi Rancangan Awal RKPD 2022

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Sebagai dasar proses perubahan dari berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik, sebuah dokumen perencanaan pembangunan di daerah diharapkan tidak hanya memenuhi syarat teknis perencanaan, namun juga memperoleh dukungan masyarakat dalam pelaksanaannya.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Walikota Banjarmasin H Mukhyar, saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Banjarmasin Tahun 2022, di Aula Kayuh Baimbai, Balaikota Banjarmasin, Senin (22/02/2021).

Untuk mewujudkan pembangunan yang mampu memajukan suatu daerah, terutama Kota Banjarmasin, H Mukhyar berharap dalam forum tersebut setiap pihak yang terlibat dalam pembangunan dapat menyampaikan aspirasi dan ide-ide kreatifnya, agar dapat memperlancar sebuah pembangunan.

“Kami mengharapkan kepada seluruh komponen pelaku dan pelaksana pembangunan yang hadir, baik offline maupun melalui daring, untuk memberikan masukan dan saran. Sehingga melalui forum ini dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang akan dipaduserasikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah, serta menganalisa permasalahan dan tantangan di berbagai bidang pembangunan,” harapnya.

Tak hanya itu, Mukhyar juga berpesan, agar dalam RKPD Kota Banjarmasin Tahun 2022 yang merupakan penjabaran tahap ke-empat rencana pembangunan jangka panjang daerah Kota Banjarmasin tahun 2005-2025, selain memperhatikan kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kondisi yang ada seperti pandemi covid-19 dan akibat bencana banjir, juga perlu memperhatikan aspek-aspek lain.

“Selain itu, harus juga memperhatikan capaian angka stunting, kawasan kumuh, pengendalian kemiskinan, kota layak anak, dan Open Defecation Free atau buang air besar sembarangan yang sifatnya koordinatif dari SKPD,” katanya.

Dalam forum tersebut, dilakukan penandatanganan Berita Acara Hasil Kesepakatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Banjarmasin Tahun 2022, oleh Plh Walikota Banjarmasin H Mukhyar, Kepala Barenlitbangda Kota Banjarmasin Sugito, dan beberapa perwakilan peserta diantarnya DPRD Kota Banjarmasin, Tokoh Masyarakat, Perbankan, Akademisi, Organisasi, LSM, Perwakilan Perempuan, Forum Anak Kota Banjarmasin, dan Forum Kota Sehat Kota Banjarmasin.

Untuk diketahui, Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Banjarmasin Tahun 2022 yang dilaksanakan Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kota Banjarmasin ini, sebagai bentuk pelaksanaan amanah Pasal 79 dan 80 Ayat 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 yang mengatur tentang pembangunan di daerah.(sin/klik)

Advnativ