Penyuluh Peternakan dan Perkebunan Dilatih Gunakan GPS

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar melalui Bidang Sumberdaya dan Penyuluhan menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Global Positioning System (GPS).

Diikuti puluhan penyuluh peternakan dan perkebunan, pelatihan dilaksanakan dua hari, 18 -19 Desember 2018 di Kantor Disnakbun di Jalan A Yani, KM 39, Martapura.

Dondit Bekti, Kepala Disnakbun Kabupaten Banjar mengatakan, pelatihan dilaksanakan untuk menyinergikan pengetahuan dan keterempilan para penyuluh sebagai ujung tombak di lapangan.

Karena itu ia berharap, peserta proaktif mengikutinya. “Masalah yang sering terjadi di daerah adalah seringnya terjadi rotasi SDM, sehingga SDM yang mempunyai tanggung jawab untuk pengelolaan informasi geospasial sering berganti,” ujarnya saat membuka pelatihan.

GPS, ujarnya merupakan sistem radio navigasi dan penentuan posisi menggunakan satelit yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus dalam segala cuaca ini, didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi yang teliti dan juga informasi mengenai waktu secara bekelanjutan.

“Hal ini sangat berkaitan dengan salah satu tupoksi Dinas Peternakan dan Perkebunan adalah Pemetaan Wilayah Bidang Peternakan dan Perkebunan dengan maksud dan tujuan untuk memperoleh data potensi pengembangan Wilayah guna mengetahui lebih rinci dan detail wilayah tersebut,” ujar Dondit.

Sedangkan Kasi Kelembagaan dan Penyuluhan, Disnakbub Banjar Gusti M Haris Fadillah menambahkan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, menganalisis, memecahkan permasalahan, menyusun perencanaan dan melaksanakan penyuluhan di lapangan.

Selain itu, guna meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan bagi penyuluh di lapangan sebagai ujung tombak pembangunan di bidang peternakan dan perkebunan di Kabupaten Banjar. (adv/klik)

BACA JUGA :
Dinas Kominfo Sosialisasi Keliling Pencegahan Covid-19

Berita Terbaru

Scroll to Top