Tak Kunjung Dilantik, Puluhan Kursi Jabatan masih Tak Bertuan

    Bupati Banjar H Khalilurrahman menandatangi berita acara pelantikan tujuh pejabat eselon II pada seremoni pengambilan sumpah jabatan, Jumat (4/1/2019). Pekan ini, dipastikan bupati akan kembali melantik puluhan pejabat eselon II - IV. (Foto: dok/to/klik)

    Sekda: Menunggu Persetujuan Bupati, Nyoman: Rabu Pekan Ini

    KLIKKALIMANTAN.COM – Puluhan kursi jabatan eselon III dan IV di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hingga kini masih tak bertuan. Diberitakan klikkalimantan.com sebelumnya, pada Oktober 2018 saja, jabatan kosong eselon III dan IV sebanyak 92.

    Sempat beredar kabar, pelantikan massal puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dilakukan Bupati Banjar H Khalilurrahman di penghujung Desember 2018 lalu. Namun hingga kini, puluhan kursi jabatan tetap saja dibiarkan lowong.

    Memang, Bupati H Khalilurrahman sempat dua kali mengambil sumpah jabatan, yakni pada Jumat, (4/1/2019) dan Jumat, (18/1/2019). Namun begitu, pelantikan hanya mencicil untuk mengisi sedikit kursi jabatan, utamanya pejabat tinggi pratama (JPT) di tingkat eselon II.

    Terakhir, kabar akan adanya pelantikan kuat mencuat awal pekan kemarin. Namun lagi-lagi, seremoni pengambilan sumpah jabatan tak nyata terealisasi. Sekretaris Daerah (Sekda) H Nasrunsyah yang dikonfirmasi, Senin (4/3/2019) mengatakan, pelantikan massal puluhan pejabat menunggu hari.

    Karena menurutnya, sudah jauh hari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang ia ketuai sudah mengajukan daftar nama ASN yang bakal dilantik. “Tinggal menunggu persetujuan bupati. Mungkin dalam beberapa hari ini,” kata Nasrunsyah.

    Senada Nasrunsyah, Plt Kepala BKDPSDM, I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan, besar kemungkinan pelantikan akan dilakukan pada Rabu (6/3/2019). “Malam ini akan dilaksanakan rapat bersama bupati untuk kepastiannya. Karena ada permintaan dari bupati, pelantikan dilakukan Rabu pekan ini,” ujarnya ditemui klikkalimantan.com, Senin (4/3/2019).

    Tak hanya pelantikan pejabat di tingkat eselon III dan IV sesuai saja, menurut Nyoman, pada pelantikan nanti juga akan diambil sumpah jabatan empat pejabat eselon II hasil mutasi. Keempatnya; Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, dan Staf Ahli.

    BACA JUGA :  Pionir Angkutan Pelajar Gratis di Kalimantan Selatan

    “Harusnya tujuh pejabat eselon II, tapi tiga yang masih menunggu persetujuan. Mudah-mudahan nama-nama yang akan dilantik malam fix. Karena informasi dan undangan pelantikan harus disampaikan sehari sebelum pelantikan,” kata Nyoman. (to/klik)