Dinas PUPR akan Melakukan Perbaikan Sementara Jalan Pingaran

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Bencana banjir besar yang melanda Kabupaten Banjar sejak Desember 2020 hingga Maret 2021 lalu, banyak menimbulkan berbagai kerusakan infrastruktur. Salah satunya ruas Jalan Desa Pingaran, Kecamatan Astambul.

Menurut M Kahfi, seorang pedagang ayam geprek yang kerap melintas di kawasan tersebut, dirinya sangat terhambat saat melintasi kawasan tersebut ketika membawa barang dagangan. Pasalnya, hampir di sepanjang ruas Jalan di Desa Pingaran itu berlubang.

“Bahkan, barang dagangan saya pernah hampir terbalik ketika ban motor saya terperosok ke dalam lubang yang ada di jalan tersebut,” katanya, Selasa (31/8/2021).

Kahfi yang juga merupakan warga Kecamatan Astambul ini berharap, kondisi ruas jalan tersebut agar segera dilakukan perbaikan, sehingga warga setempat dan penggunaan jalan yang melintas di kawasan tersebut merasa aman dan nyaman.

Menanggapi perihal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, Ahmad Solhan, mengatakan, saat ini pihaknya lebih memfokuskan pembangunan dan perbaikan pada hal-hal vital, seperti menyambung jembatan putus, dan lain sebagainya.

“Untuk perbaikan jalannya masih belum dapat dilakukan karena keterbatasan anggaran. Namun, guna mencegah kerusakan tambah parah, kita akan tetap melakukan perbaikan sementara, seperti melakukan tambal sulam pada jalan-jalan yang rusak,” ujarnya.

Kendati perbaikan tersebut masih belum terealisasi, papar Solhan, namun dari sekitar 800 unit jembatan yang rusak dan putus sebagian sudah dilakukan perbaikan. Seperti Jembatan di Karang Intan, Sungai Landas, dan lainnya.

“Kalau ditotal, sudah sekitar Rp1 Miliar lebih dana untuk perbaikan jembatan. Memang, saat ini semua kegiatan mengalami kendala, terlebih adanya refocusing anggaran pada Dinas PUPR sekitar 30%. Namun, untuk perbaikan jalan kabupaten seperti di ruas Jalan Melati Desa Tunggul Irang, alokasi anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat,” ujarnya.(zai/klik)

BACA JUGA :
Dewan Keluhkan Aspal Jembatan RK Ilir Belum Juga Diperbaiki