Kontraktor Mulai Kerjakan Pemeliharaan Ruas Jalan Menteri 4

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pelaksanaan proyek pemeliharaan berkala ruas Jalan Menteri 4, Kecamatan Martapura, dengan nilai kontrak Rp4.037.858.382 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar, hari ini, Kamis (14/10/2021) sudah mulai dikerjakan.

“Proyek pengerjaan Jalan Menteri 4 mulai kita lakukan hari ini. Jadi, usai shalat dzuhur tadi kita mulai melakukan penggalian saluran drainase samping ruas Jalan Menteri 4,” ujar Dadang selaku Koordinator Lapangan dari Kontrkator CV Analis, ketika ditemui klikkalimantan.com, sekitar pukul 17.40 Wita.

Dikatakan Dadang, pada tahap awal ini pihaknya sudah menggali lubang drainase dengan panjang sekitar 30 meter, dan kedalaman 120 cm, serta lebar sekitar 1 meter lebih.

“Memang, adanya perkejaan ini sedikit menghambat penggunaan jalan. Karena pelebaran jalan akan dilakukan sekitar 8 meter. Namun, kami juga masih melakukan sejumlah evaluasi terkait pekerjaan. Kalau memang nantinya memerlukan pengaturan jalan, kita pun sudah siap berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar, karena sebelumnya kita juga melakukan koordinasi terkait kegiatan hari ini,” katanya.

Selain kondisi arus lalulintas menjadi sedikit terhambat, papar Dadang, pihaknya juga sedikit mengalami kendala dan harus berhati-hati melakukan penggalian drainase yang rencananya akan dikerjakan sepanjang 595 meter, dimulai dari samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura, hingga pertigaan Jalan Batuah atau di dekat Pasar Sejumput Karangan Putih.

“Ada dua pipa milik PDAM yang tertanam di bibir ruas jalan ini. Yakni pipa berukuran besar di kedalaman 1 meter, dan pipa berukuran kecil di kedalaman 50 cm. Terkait hal ini pun sudah kita koordinasikan dengan PDAM,” ucapnya.

Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas PUPR Kabupaten Banjar akan melakukan pemeliharaan berkala ruas Jalan Menteri 4, Kecamatan Martapura, dengan panjang 1.737 meter, dimulai dari Stasiun (STA) 0 (Turunan Jembatan Sungai Paring) menuju STA 1.142, yakni berupa penanganan aspal yang rusak.

Kemudian, di ruas Jalan Menteri 4, dari sesudah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura, hingga pertigaan Jalan Batuah atau di dekat Pasar Sejumput Karangan Putih, dengan pajang kurang lebih 595 meter yang akan dilakukan pekerjaan u-ditch (saluran drainase beton), pelebaran jalan 8 meter, hingga pengaspalan mulai dilakukan hari ini.(zai/klik)