Rehabilitasi Drainase Jalan Pangeran Abdurrahman Rampung 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Proyek rehabilitasi drainase Jalan Pangeran Abdurrahman akhirnya rampung dikerjakan 

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pengerjaan rehabilitasi drainase di kiri-kanan Jalan Pangeran Abdurrahman, Kelurahan Pasayangan, Kecamatan Martapura, yang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar sejak 11 April 2022 lalu, akhirnya dirampungkan pada 28 Juli 2022 kemarin.

Rehabilitasi yang dikerjakan CV Sahabat Sejati Muda selaku pemenang lelang dengan nilai sebesar Rp640 Juta tersebut, sebelumnya ditargetkan rampung pada 9 Juli 2022 lalu, sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Namun, setelah PUPRP Kabupaten Banjar melakukan koordinasi dengan PUPR Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), proyek pengerjaan sedikit mengalami perubahan.

“Jadi, untuk pengerjaan drainase di perempatan Jalan Pangeran Abdurrahman dengan Jalan Gedang yang semula akan kita kerjakan, diambil alih PUPR Provinsi. Sehingga kita pun mengalihkan pengerjaan drainase tersebut hanya di sepanjang kiri-kanan ruas Jalan Pangeran Abdurrahman,” ujar Jimmy selaku Kepala Bidang (Kabid) SDA PUPRP Kabupaten Banjar, Selasa (2/8/2022).

Karena sebab itulah, lanjut Jimmy, untuk pengerjaan rehabilitasi drainase di kiri-kanan ruas Jalan Pangeran Abdurrahman dilakukan adendum kontrak, dengan masa berakhir pengerjaan pada 31 Juli 2022, dan berhasil diselesaikan pada 28 Juli 2022 lalu, dan sudah dilakukan serah terima.

“Karena itu, pengerjaan rehabilitasi drainase di kiri-kanan jalan Pangeran Abdurrahman yang semula sepanjang 131 meter, mengalami penambahan volume pengerjaan. Yakni pengerjaan drainase sisi kiri jalan sepanjang 137 meter, dan sisi kanan sepanjang 160 meter. Insya Allah nilai kontrak adendum sebesar Rp703.935.000 sudah terpenuhi,” ucapnya.

Untuk menjaga drainase tetap berfungsi optimal, Jimmy mengimbau dan mengajak masyarakat agar bersama-masa menjaga dan merawatnya.

“Jadi, jangan membuang sampah ke dalam drainase, karena kita tahu fungsi drainase untuk mengalirkan air. Bahkan, saat memberikan informasi pengerjaan rehabilitasi sudah selesai dilakukan, kita meminta kepada Kelurahan Pasayangan untuk turut mengajak dan mengimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga dan merawat drainase yang telah selesai dilakukan rehabilitasi ini,” ujarnya.

BACA JUGA :
Wakil Ketua III DPRD Bantah Jegal Pansus Koordinasi ke Kementerian 

Di waktu berbeda, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, untuk menanyakan apakah kondisi ruas Jalan Pangeran Abdurrahman selanjutnya akan dilakukan pengaspalan, Kabid Bina Marga pada Dinas PUPRP Kabupaten Banjar, yakni Jennita Adistya Putri, masih belum memberikan jawaban.(zai/klik)