Tanaman Padi Petani Diserang Wereng, Dinas TPH Beri Bantuan Pestisida

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
WERENG -  Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) terhadap hama wereng cokelat di Desa Pasar Kamis, Kecamatan Kertak Hanyar, Selasa (17/6/2019).

KLIKKALIMANTAN.COM – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar mengadakan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) terhadap hama wereng cokelat di Desa Pasar Kamis, Kecamatan Kertak Hanyar, Selasa (17/6/2019).

Kegiatan dilaksanakan sebagai tindaklanjut laporan dari POPT Kecamatan Kertak Hanyar yang menyebutkan adanya serangan hama wereng batang coklat (WBC) di lahan pertania seluas 5 hektare.

Pada kesempatanitu pula, Dinas TPH memberikan bantuan pestisida ballistic 50 sc sebanyak 1 dus dan alat semprot tangan (handsprayer) sebanyak 5 unit untuk dikelola BPP Kecamatan Kertak Hanyar.

Disampaikan Koordinator POPT Kecamatan Kertak Hanyar, WBC adalah salah satu hama padi yang paling berbahaya dan merugikaan petani. WBC menyerang tanaman dengan cara menusuk menghisap cairan tanaman sehingga tanaman yang terserang akan mongering.

Pengenalan cara hidup dan siklus hidup hama ini sangat penting agar ditemukan cara pengendalian yang tepat, apabila ditemukan populasi WBC perlu segera dikendalikan sebelum serangan meluas, pengamatan pada pangkal batang dilakukan secara intensif dan rutin maksimal 3 hari sekali perlu dilakukan.

“Apabila jumlah wereng coklat yang ditemukan 7-9 ekor per rumpun,segera atasi dengan pestisida baik secara hayati maupun kimiawi. WBC menyerang  pada setiap fase pertumbuhan sejak fase persemaian  sampai tanaman vegtatif. Dan apabila populasi tinggi maka tanaman fase generatif bisa terserang,” ujarnya. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Disperindag Dorong Perajin Sasirangan Ciptakan Motif Beragam

Berita Terbaru

Scroll to Top