Simak Tips Pilih Set Top Box Aman dan Bagus

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SET TOP BOX - Kemenkominfo RI telah emnetapkan migrasi siaran TV analog menjadi digital. bagi Masyarakat yang belum memiliki TV digital, atau Smart TV, tetap dapat menangkap siaran TV digital menggunakan Set Top Box. (foto: net/klik)

klikkalimantan.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menetapkan pergantian metode siaran Televisi (TV), dari analog menjadi digital. Rabu, 2 November 2022 menjadi hari terakhir bagi masyarakat untuk menikmati siaran TV analog. Dengan siaran digital masyarakat dapat menikmati siaran TV dengan kualitas yang lebih baik.

Bagi masyarakat yang telah memiliki Smart TV, akan langsung dapat menikmati siaran TV digital. Sedangkan bagi yang belum memiliki TV digital, tetap tak perlu khawatir. Karena ternyata TV analog tetap dapat digunakan untuk menikmati siaran TV digital dengan dukungan perangkat bernama Set Top Box atau STB.

Dengan perangkat ini, sinyal digital akan diubah menjadi tipe gambar dan suara yang bisa ditampilkan oleh TV analog. STB sendiri umumnya bisa digunakan di segala macam jenis TV analog, seperti TV model tabung ataupun TV layar datar.

4 Tips Pilih Set Top Box Aman

Saat ini aneka jenis STB telah beredar di pasaran. Namun jangan asal pilih. Sebaiknya sebelum membeli Set Top Box, cari tahu STB mana yang bagus dan aman untuk mendapatkan siaran TV digital di Indonesia. Yuk, simak beberapa Tips Pilih Set Top Box Aman di bawah:

  1. Cek apakah STB yang akan Anda beli sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan banyaknya macam STB yang dijual di Indonesia, ada baiknya jika Anda memilih STB yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Faktor harga dan merek adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih STB. Terkadang STB dengan harga yang lebih tinggi bisa jadi memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak ada pada STB lain dengan harga di bawahnya.

  1. Cek label khusus yang ada pada STB.
BACA JUGA :
Kelurahan Selat Utara Gelar ‘Geprek Bensu’ Cegah Penularan DBD

Pastikan bahwa STB yang Anda pilih memiliki label DVT-B2 atau Digital Video Broadcasting – Second Generation Terrestrial. Saat ini standar TV digital dengan label inilah yang digunakan di Indonesia.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan apakah STB yang akan Anda beli memiliki label lain seperti “Siap Digital” atau gambar “MODI” yang merupakan ikon siaran TV digital di Indonesia.

  1. Pastikan STB yang Anda pilih sudah mendapat sertifikasi.

Hampir semua STB yang diperdagangkan di Indonesia umumnya sudah mendapat sertifikasi dari pihak Kominfo yang bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Sertifikasi ini menjadi penting sebagai bukti bahwa STB yang akan Anda beli sudah melalui serangkaian tahap pengujian dan memenuhi persyaratan yang ada pada Standar Nasional Indonesia (SNI).

Anda juga bisa cek daftar STB yang telah tersertifikasi melalui situs resmi Kominfo. Per tanggal 19 Desember 2022 sendiri, sudah ada 84 jenis STB yang mendapatkan sertifikasi Kominfo.

  1. Sebelum membeli STB, pastikan Anda melakukan cek review atau ulasan pada toko atau STB yang akan Anda pilih.

Ulasan pembeli lain yang telah memiliki STB incaran Anda tentu akan sangat membantu dalam menentukan pilihan. Anda bisa mendapatkan sudut pandang atau informasi lain tentang STB yang sedang Anda pertimbangkan. Contohnya seperti bagaimana kualitasnya, apakah STB berfungsi dengan baik dalam waktu lama, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Mendapatkan Set Top Box Berkualitas dengan Aman

Bagi Anda, khususnya warga Medan, kini bisa mendapatkan Set Top Box Medan melalui Blibli. Sebagai marketplace terpercaya di Indonesia, Blibli memiliki banyak pilihan Set Top Box yang dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk menikmati siaran TV digital.Anda pun bisa memanfaatkan fitur belanja Click & Collect dari Blibli yang dapat menambah kemudahan dan kenyamanan Anda ketika berbelanja. Tanpa perlu menunggu kurir mengantarkan pesanan Anda ke rumah, Anda bisa menentukan sendiri waktu dan lokasi pengambilan barang sesuai keinginan.

BACA JUGA :
Jelang Ramadhan, Komisi II DPRD Balangan Minta Pemkab Pantau Ketersedian Bapok

Saat ini Blibli terus menghadirkan aneka program dan fitur belanja yang menarik. Dengan banyak pilihan cara pembayaran juga pengiriman, pengalaman berbelanja Anda tentu akan semakin aman, nyaman, dan menyenangkan. (*)

Berita Terbaru

Scroll to Top