Masyarakat Diminta Waspada Penyakit DBD dan Peralihan Musim

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali F, meminta masyarakat tetap waspada terhadapat penyakit, khususnya demam berdarah dengue (DBD).

Menurut politisi Partai Golkar ini, pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan sekitar tempat tinggal.

“Kita mengimbau masyarakat untuk tetap waspada DBD. Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, pengembangbiakan penyakit sangat rentan,” katanya.

Menurut Matnor Ali, jika hujan terus-menerus kemudian panas atau sebaliknya, membuat proses perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD semakin cepat. Ia memprediksikan cuaca seperti sekarang ini akan terjadi hingga Juni nanti.

“Cuaca yang tidak menentu membuat perkembangbiakan nyamuk DBD meningkat. Masa itulah yang harus diwaspadai untuk mencegah penularan penyakit tersebut,” ujarnya.

Matnor Ali menyebut, untuk mendiagnosis secara dini penderita DBD masih sulit. Sebab, jika hanya dilihat dari gejala fisik secara kasat mata, tidak ada gejala khusus yang menunjukkan itu mengarah ke DBD positif.

“Makanya kita terus mengupayakan pemberantarasannya dengan melakukan gerakan penanggulangan DBD. Peran puskesmas, posyandu, RW, hingga RT, harus dioptimalkan dalam mengedukasi masyarakat,” sebutnya.

Selain meminta masyarakat untuk waspada penyakit DBD, Matnor Ali juga mengingatkan untuk lebih mementingkan kesehatan. Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, rentan terserang penyakit lainnya seperti influinsa, batuk, serta demam.

“Terutama bagi anak anak, karena mereka paling rentan terserang penyakit,” pungkasnya.(sin/klik)

BACA JUGA :
Bappedalitbang Bahas Permasalahan dan Pencapaian Tingkat Kelurahan

Berita Terbaru

Scroll to Top