7 Unit Rumah di Desa Pekauman Dilahap Api, Ketua Buser 690 Siap Saluran Bantuan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Rabu 17 Mei 2023, sekitar pukul 12.30 Wita, sebanyak 7 unit rumah warga di RT5, Desa Pekauman Ulu, Kecamatan Martapura Timur, ludes diamuk si Jago Merah.

Mengetahui informasi tersebut, puluhan unit mobil relawan dari petugas Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) swasta serta dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar, langsung bergegas menuju lokasi kejadian.

Bahkan, saat proses pemadaman kebakaran, Ketua DPRD, HM Rofiqi, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Bumi Selamat Rescue (Buser) 690 Kabupaten Banjar, langsung terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya pemadaman api yang melahap sebanyak 7 unit rumah warga di desa kelahirannya tersebut.

Tak berselang lama, yakni sekitar 45 menit melakukan upaya pemadaman, akhirnya kobaran api dapat dijinakkan petugas Damkar dan langsung melakukan pembasahan atau pendinginan di lokasi kejadian.

“Setelah mendengar ada teriakan kebakaran, saya langsung menuju ke lokasi kejadian yang tak jauh dari rumah saya. Kebetulan saya juga relawan BPK dari Buser 690, sehingga langsung refleks untuk turut serta membantu melakukan pemadaman api yang masih berkobar,” ujar Rofiqi.

Politisi Gerindra ini juga mengatakan, karena tempat kejadian berada tak jauh dari bantaran Sungai Martapura, sehingga relawan BPK tak begitu kesulitan untuk mencari sumber air saat proses pemadaman api kebakaran.

“Alhamdulillah api dapat dikuasai, namun sayang beberapa rumah warga tidak dapat kami selamatkan dari amukan si jago merah,” tuturnya dengan rasa prihatin.

Sebagai bentuk rasa kepeduliannya kepada warga yang tertimpa musibah kebakaran, Rofiqi berjanji segera menyalurkan bantuan untuk meringankan beban warganya yang tertimpa musibah kebakaran.

Berdasarkan DPKP Kabupaten Banjar, terdata sebanyak 6 unit rumah warga yang tekena musibah kebakaran dengan kurasakan berat 100%, yakni rumah atas nama milik Gusti Ahmad Fazri yang dihuni sebanyak 1 Kepala Keluarga (KK) dengan 6 Jiwa, rumah milik H Amin yang dihuni 2 KK, 8 Jiwa, rumah milik Suhaimi yang dihuni 1 KK, 7 Jiwa, rumah milik Mujiburahman yang dihuni 2 KK, 4 Jiwa, rumah milik Khairul Lisan yang dihuni 3 KK, 10 Jiwa, dan rumah milik Halimatus Sa’diah yang dihuni 3 KK, 9 Jiwa. Sedangkan 1 unit rumah milik Maryam yang dihuni 1 KK, 2 Jiwa mengalami rusak sedang, atau sekitar 50%.(zai/klik)

BACA JUGA :
Komisi IV DPRD Banjar Jamin Perawatan Pasien Penyakit Kulit

 

Berita Terbaru

Scroll to Top