Puluhan Wartawan di Banjarbaru Ikuti Diskusi Bersama Balai Bahasa

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN  – Puluhan wartawan yang bertugas di Kota Banjarbaru mengikuti Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pemakaian Bahasa di Media Massa.

Acara yang digelar di Wisma Yulia, Martapura, dibuka Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan Drs Imam Budi Utomo MHum.

Ketua Panitia Pelaksana Akbari SS, mengatakan acara diikuti sebanyak 31 peserta yang terdiri atas wartawan, pegawai Humas Pemko Banjarbaru, dan pegawai Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Banjarbaru.

Pada kesempatan ini sebut Akbari, akan disampaikan hasil kajian bahasa di media massa yang telah dilakukan Tim Balai Bahasa Kalimantan Selatan.

“Juga akan dilakukan diskusi tentang bahasa di media massa secara terpumpun,” ujarnya.

Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan Imam Budi Utomo, mengatakan pihaknya akan menyampaikan hasil kajian pemakaian bahasa di media massa, yang dilanjutkan dengan diskusi kelompok terpumpun.

“Pengkajian pemakaian bahasa ini dilakukan baik terhadap media massa cetak maupun elektronik,” ujarnya.

Imam Budi Utomo menjelaskan, dari hasil kajian Tim Balai Bahasa Kalimantan Selatan, memang ditemukan kesalahan dalam pemakaian bahasa di media massa, seperti penyusunan kalimat.

“Paling dominan adalah penggunaan ejaan, penyusunan kalimat, kadang-kadang tidak bersubjek, dan terlalu bertele-tele,” katanya.

Meskipun demikian, Imam Budi Utomo, menilai penggunaan bahasa di media massa semakin membaik.

Narasumber Musdalipah SS MPd, memaparkan hasil kajian yang dilakukan Tim Balai Bahasa Kalimantan Selatan, terhadap media cetak dan elektronik yang ada di Kalimantan Selatan.

Hasil kajian ini menjadi bahan yang akan didiskusikan bersama, sebagai saran dalam perbaikan penulisan berita. (rul)

 

BACA JUGA :
Bunda Paud: Guru Harus Menjadi Contoh Positif Anak Didik

Berita Terbaru

Scroll to Top