Peletakan Batu Pertama Gedung Instalasi Farmasi, Bupati Imbau Jaga dan Pelihara

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Bupati Banjar H Khalilurrahman melakukan peletakan batu pertama pembangunan UPT Gedung Instalasi Farmasi Kabupaten di Jalan Albasia 4, Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Senin (29/7/2019).
Menurut bupati, ketersedian sarana gedung baru instalasi farmasi diharapkan mampu memicu kinerja tenaga farmasi agar lebih baik, utamanya dalam merencanakan penyimapanan dan pendistribusian obat, reagen, vaksin, dan BMHP. “Dengan begitu semua standar kualitas dan kuantitasnya tetap terjaga,” ujarnya.

Kepada pengguna bangunan baru instalasi farmasi ia mengimbau agar nantinya mampu menjaga dan memelihara, baik fisik bangunan maupun fasilitas yang ada.

“Dengan begitu bangunan akan kokoh dan berfungsi dengan baik. Karena anggaran yang dikeluarkan sangat besar yakni Rp2 Miliar lebih dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler. Terlebih proses dan penyediaan dana pembangunan tidak mudah, sehingga butuh perhatian semua pihak untuk kebaikan bersama,” ucapnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjar Ikhwansyah menambahkan, proses pembangunan yang membutuhkan hampir 20 tahun tersebut merupakan aset daerah Kabupaten Banjar.

“Sebelumnya bangunan gedung farmasi di Kota Banjarbaru merupakan wilayah Kabupaten Banjar. Semenjak status wilayahnya menjadi Kota Banjarbaru proses pemindahan gedung lama farmasi ke kabupaten pun menjadi sulit,” jelasnya.

Namun dikatakan Ihkwansyah, berkat motivasi dan dukungan Bupati Banjar, akhirnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan bantuan untuk pembangunan instalasi farmasi di Kabupaten Banjar yang kini dikerjakan CV Setiawan Noor selama 170 hari kalender.

“Karena di 2017 tata kelola obat di Kabupaten Banjar sudah e-katalog 97 persen, dan meraih penghargaan salah satu terbaik di Indonesia. Karena itu kita mendapat bantuan dari Kemenkes,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Banjar juga menyerahkan peta denah relokasi kepada 8 UPT Puskesmas di Kabupaten Banjar yang kemudian dilanjutkan dengan pelatakan peletakan batu pertama relokasi UPT Gedung Instalasi Farmasi didampingi Kepala Dinkes Bajar Ikhwansyah dan disaksikan seluruh Struktural Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Banjar dan Kepala UPT Pusekemas se-Kabupaten Banjar.(adv/klik)

BACA JUGA :
Banyak Prestasi Diraih Bank Sampah Sekumpul di Usia 11 Tahun

Berita Terbaru

Scroll to Top