BNPB Bantu 2 Unit Perahu Fiber untuk Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Menjadi salah satu wilayah yang kerap didera bencana banjir, Kabupaten Banjar mendapat bantuan perahu dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan dari BNPB berupa 2 unit perahu fiber itu diserahkan oleh anggota Komisi VIII DPR RI, H Syaifullah Tamliha, di Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Jum’at (14/7/2023).

Didampingi Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyie, serta Warsita selaku Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Syaifullah Tamliha menyerahkan secara simbolis dengan menaiki salah satu perahu fiber tersebut.

Politisi PPP ini mengatakan, batuan 2 unit perahu tersebut merupakan usulan dari aspirasi masyarakat dan surat resmi Bupati Kabupaten Banjar.

“Se-Indonesia, ada 5 unit bantuan perahu fiber yang diserahkan. Tahun ini, Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan bantuan 3 unit perahu fiber, 1 unit di Kabupaten Balangan, dan 2 unit untuk Kabupaten Banjar yang ditempatkan di dua desa, yakni Desa Pengaron, Kecamatan Pengaron, dan di Desa Murung Kenanga, Kecamatan Martapura,” ujarnya.

Dengan telah diserahkannya bantuan 2 unit perahu fiber tersebut, Syaifullah Tamliha berharap dapat membantu proses evakuasi warga saat terjadi bencana banjir lebih cepat.

“Sehingga nantinya perahu ini dapat digunakan,  baik oleh BPBD, TNI, maupun Polri, untuk melakukan peninjauan di lokasi yang didera bencana banjir dan melakukan proses evakuasi. Parahu ini di tempatkan di desa, namun tetap dalam pengawasan BPBD,” katanya.

Syaifullah Tamliha membeberkan, ke depan pihaknya akan melaksanakan renovasi rumah pasca terdampak bencana di Desa Pematang Danau, Kecamatan Mataraman.

“Biaya satu unit rumah sekitar sebesar Rp60 Juta. Selain itu ada juga bedah rumah bagi warga kurang mampu yang termasuk di data Terpadu Kesejahteraan Sosial (TKS),” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menyampaikan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan anggota DPR RI yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana serta kesiapsiagaan.

“Kita berharap tidak ada lagi bencana seperti tahun-tahun yang lalu, meskipun saban tahun hampir dapat dipastikan ada bencana. Mudah-mudahan dengan kesiapan kita, keselamatan dan keamanan dapat menjadi perhatian baik dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” tuturnya.

Sedangkan untuk pengadaan mesin perahu fiber, Saidi Mansyur masih belum dapat memastikan apakah akan dianggarkan Pemkab Banjar atau dari Anggota DPR RI tersebut.

“Yang pasti akan dipasangkan mesin, karena untuk menyusuri Sungai Martapura yang mencapai 90 Km, tentunya mesin sangat dibutuhkan,” pungkasnya.(zai/klik)

 

BACA JUGA :
Ketu TP PKK Bicara Cakap Bermedia Digital di Seminar Kemendikbud
Scroll to Top