2024, Jalan di RT03 Desa Jati Baru Diperbaiki

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

 klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar usulkan angaran sebesar Rp5 Miliar untuk perbaikan ruas jalan cor beton di RT03, Desa Jati Baru, Kecamatan Astambul, yang amblas pada pertengahan Mei 2023 lalu.

Jimmy selaku Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas PUPRP Kabupaten Banjar mengatakan, awalnya Dinas PUPRP mengusulkan perbaikan ruas jalan cor beton yang amblas di RT03 Desa Jati Baru yang lebih dikenal warga dengan sebutan Simpang Sarai ini melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023.

“Karena anggaran terbatas, ditambah waktu pelaksanaannya tidak mencukupi, maka kita usulkan penanganan perbaikan melalui APBD 2024, yakni sebesar Rp5 Miliar,” ujarnya, Senin (13/11/2023).

Sedangkan untuk metode penanganan ruas jalan cor beton yang amblas sepanjang 70 meter dengan lebar badan sekitar 3,5 meter tersebut akan dilakukan Dinas PUPRP Kabupaten Banjar dengan metode memasang box culvert.

“Berdasarkan hasil kajian, penyebab amblasnya ruas jalan cor beton tersebut dikarenakan terjadi penurunan muka air yang sangat ekstrem, yang menyebabkan rongga-rongga lapisan tanah menjadi kering. Ditambah padatnya Lalulintas Harian Rata-rata (LHR), menyebabkan terjadinya penurunan tanah,” jelasnya.

Perencanaan penanganan ruas jalan cor beton di Desa Jati Baru tersebut, papar Jimmy, tentunya berdasarkan hasil dari penyelidikan yang telah dilakukan. Jika mendapat persetujuan, maka per 2 Januari 2024 dapat dilakukan input anggaran.

“Harapan kami di triwulan I sudah dapat berproses,” katanya.

Perlu diketahui, pasca ruas jalan cor beton di Desa Jati Baru yang dibangun menggunakan dana Penanganan Darurat pada 2021 lalu amblas. Dinas PUPRP telah memasang spanduk imbauan untuk kendaraan bermuatan yang melintas di ruas jalan tersebut sembari menunggu ekspos hasil penelitian yang dilakukan Tim Ahli dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin pada 19 Juni 2023 lalu.(zai/klik)

 

BACA JUGA :
Festival Bagarakan Sahur, Ini Syarat dan Ketentuan Mengikutinya

Berita Terbaru

Scroll to Top