BSS – DPRKPLH Banjar Gelar Pelatihan Manajemen Bank Sampah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) menyelenggarakan ‘Pelatihan Management Bank Sampah dan Peningkatan Sumber Daya Pengurus Bank Sampah’, Senin (5/2/2024) PSBB MTsN 6 Banjar, Desa Indrasari, Martapura. Kegiatan terlaksana dimotori Bank Sampah Sekumpul (BSS) juga menggandeng PT Tanjung Alam Jaya (TAJ).

Plt Sekretaris DPRKPLH H, Gusti Rendi Firmansyah mengatakan, pelatihan tersebut sebagai bentuk partisipasi dari pelaku usaha yang ada di Kabupaten Banjar, dimana mendukung penuh terkait program utama pihaknya yakni bank sampah

“Seperti PT TAJ salah satu pendukung investasi mensupport pemerintah melalui DPRKPLH dalam hal ini terkait kegiatan pelatihan kapasitas SDM pengurus bank sampah se-Kabupaten Banjar,” kata Gusti Rendi.

Lebih lanjut menurutnya, melalui pelatihan ini pihaknya memberikan pengetahuan untuk mengenal kepada pengurus, bahwa sampah memiliki nilai ekonomi yang bisa menjadi satu alternatif pendapatan.
“Semoga para peserta mempunyai pemikiran yang sama untuk mengelola sampah agar bisa dimanfaatkan menjadi pendapatan alternatif masyarakat dengan beberapa pengelolaan berupa barang jadi maupun layak pakai,” ujarnya.

Sementara Management PT TAJ Retno menyampaikan fasilitas yang diberikan selama kurang lebih satu tahun bermitra dengan Pemkab Banjar berupa pembangunan bank sampah berirama di Desa Mengkauk Kecamatan Pengaron. Desa tersebut merupakan ring 1 di sekitar area operasional kerjanya. “Agustus kemaren bangunan tersebut sudah diresmikan oleh Sekda HM Hilman,” ungkapnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Bupati Lantik Kepengurusan FKMKB 2022 – 2024

Berita Terbaru

Scroll to Top