Ketua KPU Kalsel Sebut Kabupaten Banjar Sebagai Dapil ‘Neraka’ pada Pemilu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Andi Tenri Sompa sebut wilayah Kabupaten Banjar sebagai Daerah Pemilihan (Dapil) Neraka pada penyelenggaraan Pemilu.

Pernyataan tersebut diungkapkan Andi Tenri Sompa saat menyampaikan sambutan digelaran pelantik 870 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pilkada 2024 yang dilaksanakan KPU Kabupaten Banjar di salah satu hotel yang ada di Kota Banjarbaru pada Minggu (26/5/2024).

Dalam sambutannya, Andi Tenri Sompa menjelaskan, bawah label Kabupaten Banjar sebagai Dapil ‘Neraka’ tersebut disematkan penyelenggara Pemilu dari periode ke periode. Sebab, selain Kabupaten Banjar sebagai kabupaten terbesar nomor dua untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) se-Kalsel, Kabupaten Banjar juga merupakan wilayah paling rumit se-Kalsel, hingga sempat terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pilkada 2021 lalu.

Untuk memperjelas maksud pernyataannya bahwa Kabupaten Banjar sebagai Dapil ‘Neraka’, sejumlah pewarta melakukan konfirmasi langsung ke Andi Tenri Sompa.

“Dapil ‘Neraka’ ini maksudnya, Kabupaten Banjar inikan wilayahnya luas, sehingga pada pelaksanaan Pemilu selalu menambah hari saat pleno,” ujarnya.

Ditanya apakah hal tersebut terjadi karena ketidaksiapan penyelenggaraan Pemilu?

Ia pun membantahnya.

“Kabupaten Banjar inikan memiliki 20 kecamatan terdiri dari 277 desa dan 13 kelurahan, sehingga jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pun terbanyak se-Kalsel. Sehingga prosesnya agak lama, belum lagi terjadi perdebatan disetiap jenjang,” jelasnya.

Meski demikian, papar Andi Tenri Sompa, tahapan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu tetap berjalan lancar.

“Penyebutan Dapil ‘Neraka’ ini hanya sebagai motivasi saja buat teman-teman penyelenggaraan Pemilu agar dapat bekerja lebih safety, serius, bertanggung jawab, dan tepat waktu,” harapnya.

Menanggapi perihal tersebut, Ketua KPU Kabupaten Banjar, M Noor Aripin memastikan pesan yang telah disampaikan Ketua KPU Provinsi Kalsel akan dijadikan sebagai spirit dan motivasi guna menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

BACA JUGA :
Penghitungan Suara Pemilu DPRD Kabupaten di Dapil II Sudah Mencapai 34.09 Persen

“Artinya Kabupaten Banjar ini harus dalam persiapan maksimal, dan berkerja keras seluruh hari, serta diiringi niat hati tulus. Atau tidak berkerja sesuka hati,” pungkasnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top