Pentingnya Seribu Hari Pertama Anak

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU- Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menghadiri Acara Sosialisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), bertempat di Aula Linggangan Intan DPRD Banjarbaru.

Kabid Kesehatan Masyarakat Rusmadi mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan status dan ibu hamil dalam rangka mewujudkan generasi yang sehat. Serta meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu tentang pentingnya 1000 HPK.

Karena melalui Sosialisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) ini kita dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) khususnya di Kota Banjarbaru. Peserta sosialisasi sebanyak 35 orang terdiri dari Ketua Forum posyandu bersama anggota se Kota Banjarbaru.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani, menyampaikan anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh.

“Masa depan bangsa berada di tangan anak saat ini. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Namun sebaliknya, apabila kualitas anak tersebut buruk maka akan buruk pula masa depan bangsa,” ujarnya.

Dimana masa depan bangsa tergantung pada keberhasilan dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada anak. Terutama pada 1000 hari pertama kehidupannya.

Yang dimaksud 1000 hari adalah 1000 hari pertama kehidupan anak dihitung mulai dari anak masih dalam kandungan dan sampai anak tersebut berusia 2 tahun.

Kegiatan 1000 hari pertama kehidupan merupakan suatu indikator pembinaan tumbuh kembang anak tidak hanya meningkatkan status gizi, tetapi juga mental, emosional, sosial dan kemandirian anak. (rul)

BACA JUGA :
Disdik Banjarbaru Bekali Guru Non Sertifikasi

Berita Terbaru

Scroll to Top