Tenda Pasar Buah Astambul akan Diganti Baru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
DIGANTI - Pasar Buah di Kecamatan Astambul yang mulai rusak dan akan diganti baru oleh Disperindag Kabupaten Banjar.

klikkalimantan.com – Dipasang 2017, tenda tempat berjualan para pedagang di Pasar Buah Astambul, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selata mulai rapuh dan rusak. Beberapa tenda bahkan mulai robek. Sekadar menahan agar robek tak menjalar, pedagang mengikatnya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar melalui Sekretaris, Feriansyah mengatakan, telah mewacanakan penggantian tenda dengan yang baru di tahun ini juga.

Menurut Feri, usulan yang diajukan ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI untuk penggantian tenda disetujui. “Akan diganti dengan yang baru sesuai jumlah tenda yang ada sekarang,” kata Feri.

Diganti dengan yang baru, kata Feri bentuk upaya pemerintah daerah mendukung penyediakan wadah berniaga layak bagi para pedagang, utamanya para pedagang buah yang notabene sebagai salah satu penggerak roda ekonomi kerakyatan.

Sekelumit disampaikan Feri terkait pemasangan tenda di Pasar Buah Astambul. Awalnya, bangunan pasar buah akan dibangun permanen menggunakan dana sokongan Kemendag RI Rp7 Miliar di 2016. Namun karena terbentur ketersediaan lahan yang terlalu sempit setelah dipotong garis sempadan sungai dan jalan, pembangunan pasar urung dilakukan.

Sebagai gantinya, dipasang tenda-tenda bantuan seperti yang ada sekarang ini. “Pasar Buah, lazim juga disebut Pasar Pisang Astambul sebagai ikon pasar tradisional khusus komoditi buah di Kabupaten Banjar,” kata Feri. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Geger Bocah 10 Tahun Hilang Diduga Tenggelam di Sungai Martapura

Berita Terbaru

Scroll to Top