Dinas PUPR dan Warga Gotong Royong Bersihkan Drainase Kawasan Sekumpul

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkkalimantan.com – Kurang lebih sepekan jelang pelaksanaan Haul Akbar ke-15 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, yakni pada 29 Februari – 1 Maret 2020, Dinas Perkerajaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar bersama masyarakat melakukan normalisasi drainase di beberapa titik sepanjang ruas jalan Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Menurut, M Ade Rozali, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas PUPR Kabupaten Banjar, kegiatan normalisasi drainase di beberapa titik samping ruas jalan yang melibatkan pihak Kelurahan Sekumpul, UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) baik UPT Damkar dari Pemkab Banjar, BPK Taufiq Sekumpul, BPK Keraton, dan petugas BPK Indrasari, serta masyarakat tersebut, sebagai salah satu upaya mendukung kelancaran dan kenyamanan pelaksanaan kegiatan Haul ke-15 Ulama yang masyhur disapa Abah Guru Sekumpul yang berpusat di Komplek Ar Raudhah, Kelurahan Sekumpul.

“Setiap kali diguyur hujan, kawasan Jalan Sekumpul ini pasti banjir akibat luapan air dari drainase yang tidak berfungsi secara optimal. Untuk itu, kami bersama masyarakat, kelurahan, serta tim unit Damkar secara gotong royong melakukan pembersihan, pengangkatan sedimentasi lumpur dan sampah di sepanjang ruas jalan Kelurahan Sekumpul,” ujar Ade kepada klikkalimantan.com, Senin (17/2/2020) sekitar pukul 16 wita sore.

Dikatakan Ade, kegiatan normalisasi mulai dari pembersihan, pengangkatan sedimentasi hingga perbaikan infrastruktur drainase di beberapa titik ruas jalan kawasan Kelurahan Sekumpul tersebut sudah dilakukan sejak 14 Februari 2020 belum lama tadi hingga sekarang.

“Sebenarnya kegiatan nomarlisasi drainase ini rutin kami lakukan. Namun, karena kegiatan ini dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan haul, jadi kita lakukan secara gotong royong untuk melakukan normalisasi sepanjang 2 Kilometer di kawasan sekumpul dengan menurunkan tim drainase Bidang SDA sebanyak 30 orang, serta 3 unit mobil pickup, 1 unit motor tossa milik Dinas PUPR dan beberapa unit mobil truk tanki Damkar guna mempermudah dan mempercepat pengerjaan normalisasi drainase,” ucap Ade ditengah kegiatan gotong royong.

BACA JUGA :
Karena Rumit Protokol Covid, 6 Peserta Seleksi Paskibra dari HSS Undur Diri

Ditempat yang sama, Lurah Sekumpul, Gusti Marhusin merasa bersyukur atas terlaksananya kegiatan normalisasi drainase di sepanjang ruas jalan di Kawasan Kelurahan Sekumpul.

“Mudah-mudahan kegiatan normalisasi drainase di seluruh samping ruas jalan di Kelurahan Sekumpul ini dapat meminimalisir, utamanya mencegah meluapnya air drainase hingga menyebabkan banjir hingga kegiatan haul pun lancar tanpa kendala. Kami pun berharap peran serta masyarakat dan pedagang agar tidak lagi membuang sampah diselokan yang menyababkan endapan lumpur dan sampah hingga drainase tak berfungsi secara optimal,” imbaunya.(zai/klik)