Mengenal Lebih Dekat Sosok Wakil Walikota Banjarbaru

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Wartono, Wakil Walikota Banjarbaru

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Selasa, 26 Februari 2021 bisa dipastikan menjadi tanggal tak terlupakan bagi Wartono. Betapa tidak, karena bersamaan dengan perayaan ulang tahunya yang ke-55,  pria kelahiran Yogyakarta  ini dilantik sebagai Wakil Walikota Banjarbaru. Wartono duduk di Balikota mendampingi H Muhammad Aditya Mufti Ariffih di Balaikota.

Bagi Wartono, duduk sebagai orang nomor dua di Kota Idaman, bukan sebuah kebetulan. Namun dari runutan panjang pengalamannya di dunia politik. Bahkan hingga sebelum masa pelantikannya, suami Ermina Fujian ini tercatat sebagai petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di DPC Kota Banjarbaru.

Di bawah bendera partai besutan Megwati Soekarno Putri ini pula, Wartono sempat duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru periode 2004 – 2009. karirnya di gedung dewan berlanjut sebagai anggota DPRD Kota Banjarbaru periode lima tahun selanjutnya.

Sebelum berkecimpung di dunia politik bersama panji ‘Moncong Putih’, Wartono yang tercatat sebagai alumbus Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Swasta Tujuh Belas II Wates, Kulon Progo, Yogyakarta ini pernah berkarir di bidang perbankan, tepatnya BPR Banjarbaru selama 10 tahun sejak 1993.

Dari bidang perbankan, karir nin poltik juga pernah dilakoni bapak empat anak ini. Wartono beralih menangani Projek Telkomsel area Kalimantan. Sama dengan saat di BPR Banjarbaru, di Telkomsel dia juga berkarir selama 10 tahun hingga 2013.

Baru setelah itu, Wartono terjun total di dunia politik. Sekretaris DPC PDI Perjuangan KOta Banjarbaru langsung didampuknya hingga 2019. Setelahnya, pria berkumis pehobi catur ini menjabat sebagai Ketua DPC.

Beriiringa karir politinya, Wartono yang penyuka permainan olah pikir dan strategi ini, juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) pada 2017 – 2022. Pada 2019 – 2024 nanti, Wartono juga menjadi Dewan Pembina Koni Kota Banjarbaru. (to/klik)

BACA JUGA :
Wakil Wali Kota Hadiri Rakor Kesejahteraan Sosial