Puluhan Ribu Keping KTP-El dan SIAK Dibakar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Sembilan kardus berisi ribuan kepingan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dikumpulkan di pelataran Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, Jumat (21/12/2018).

Menurut Azwar, Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar, ada 20.973 keping KTP-El dan SIAK dalam sembilan kardus dan dimusnahkan. Pemusnahan puluhan ribu kartu identitas dengan dibakar dan digunting ini sesuai surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-El Rusak atau Invalid.

Puluhan ribu keping KTP-El dan SIAK yang dimusnahkan, menurut Azwar pada kegiatan pemusnahan yang juga dihadiri Bupati Banjar H Khalilurrahman, dari 2012-2018 di 20 kecamatan.

Tujuan, dikatakannya lebih lanjut, mengantisipasi penyalahgunaan data kependudukan. “Contoh, KTP yang tercecer dan disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab, padahal KTP tersebut invalid. Dan lagu saat ini tahun pemilu,” kata Azwar.

Senada, karena di masa pemilu seperti sekarang ini menurut Bupati H Khalilurrahman, bukan tidak mungkin KTP invalid digunakan menambah Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Karena itu hari ini dimusnahkan,” kata bupati yang akrab dengan sapaan Guru Khalil. (zai/klik)

BACA JUGA :
Lomba Festival Anggrek Seribu Sungai Resmi Ditutup

Berita Terbaru

Scroll to Top