500 Relawan Siap Pungut Sampah Sebelum dan Sesudah Haul

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM – Panitia Haul ke-14 Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani menggelar rapat bersama tim relawan haul ulama yang kerab disapa Abah Guru Sekumpul di Kantor Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Sabtu (19/1/2019) kemarin.

Lurah Sekumpul Martapura, Gusti Marhusin mengatakan, kegiatan rapat perdana bersama tim relawan haul ke-14 yang dihadiri perwakilan masing-masing daerah baik dalam maupun luar kota, seperti Kota Banjarmasin, bahkan dari Barito Kuala dan Kalimantan Timur. Rapat bersama guna membahas teknis kegiatan kebersihan sebelum dan sesudah pelaksanaan haul yang akan dilaksanakan di Komplek Ar Raudhah 9-10 Maret 2019 mendatang.

“Kita mendapat dukungan luar biasa dari berbagai instansi, baik dari pemerintah maupun organisasi yang memberikan bantuan berupa armada truk pengangkut sampah nantinyanya. Bahkan, dari Gabungan Sopir Anak Kalimantan (Gasak) sudah menyiapkan 30 armada jenis mobil pick up nantinya,” ujarnya.

Dari hasil keputusan rapat tersebut, lanjut Marhusin, pihaknya sudah menyusun kepengurusan tim relawan kebersihan yang nantinya akan kembali dikoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar, untuk melakukan penyusunan rekayasa angkutan kebersihan.

“Dari hasil rekayasa kebersihan tersebutlah, akan terlihat zona titik kumpul, transit, bahkan kalau memang bisa dilakukan pengangkutan, untuk sampah tersebut langsung diangkut dari pusat kegiatan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cahaya Kencana agar lebih efektif, efisien dan cepat dalam penangnan kebersihan,” jelasnya.

Selanjutnya papar Marhusin lebih jauh, semua armada yang masuk ke TPA tersebut, kalau bisa nantinya dapat ditimbang sebagai bahan evaluasi kita ditahun mendatang dalam penanganan kebersihan. Serta, berharap kepada tim relawan kebersihan dalam menjalankan tugasnya dilapangan mengerti, paham, tabah, dan ikhlas, serta sabar. Karena, dilapangan nantinya banyak hal yang ditemui.

BACA JUGA :
Peralihan Musim dan Jelang Haul ke-15 Guru Sekumpul, Drainase Sejumlah Titik Dinormalisasi

“Intinya kunci keberhasilan dalam menangani kebersihan ini kembali lagi kepada jamaah yang datang. Untuk itu, saya berharap kepada jamaah yang hadir agar berkenan membawa tempat sampah sendiri, dan membantu memungutnya. Sehingga tim relawan kebersihan tidak kerepotan untuk mengangkutnya,” imbaunya.

Serta, pihaknya pun telah menitipkan pesan di Posko Induk Sekumpul yang nantinya dibagikan dan dibacakan di setiap posko-posko tentang ajakan kebersihan, “Mari, jamaah peduli dan sadar tidak membuang sampah sembarangan.”

Mendampingi Lurah Sekumpul, Koordinator Relawan Kebersihan Haul ke-14 Sekumpul sekaligus Seksi Keberihan Sekumpul, Johansyah memastikan, untuk jumlah relawan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah.

“Khususnya relawan kebersihan yang saat ini sudah terdaftar kurang lebih 500 orang, terdiri dari relawan kebersihan Martapura, Kaltim, Barito Kuala, dan Banjarmasin, serta dari Kota Bandung sejak Posko Induk Sekumpul mengeluarkan surat edaran baik, melalui Facebook Ar Raudhah Sekumpul, Instagram maupun melalui via telphon/WhatSapp di 082155964123,” ucapnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top