Longsor di Loksado, Satu-satunya Jalan Menuju Desa Hulu Banyu Tertimbun Tanah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
LONGSOR - Ruas jalan di Dusun Tariban, Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, HSS tertimbun tanah longsor. (foto: mif/klik)

klikkalimantan.com, KANDANGAN – Tanah longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur sejak Rabu (24/11/2021) sore terjadi Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tepatnya di Dusun Tariban, Desa Hulu Banyu. Akibatnya, ruas jalan menuju desa tersebut tertimbun tanah. Padahal, jalan tersebut satu-satunya jalur penghubung dengan Desa Ulang menuju Jalan Brigjen H Hasan Basry yang merupakan akses utama Kandangan – Loksado.

Syarifuddin, salah seorang warga Dusun Tariban mengatakan, longsor terjadi Kamis sekitar dini hari. “Sejauh ini belum ada upaya pengerukan. Namun kejadian ini sudah dilaporkan ke Pemdes Hulu Banyu,” jelasnya.

Ia menambahkan selama musim penghujan, jalur utama Desa Ulang – Hulu b=Banyu ini memang rentan longsor. Bahkan dua hari lalu, longsor juga terjadi. Meski tidak separah ini, namun banyak pohon yang rumbag dan menutup badan jalan.

Karena itu, mewakili warga di desanya, Syarifuddin berharap ada penanganan khusus dilakukan pemerintah daerah agar longsor yang menimbun akses utama warga tidak terjadi lagi dikemudian hari.

“Karena jika dibiarkan tanpa penanganan khusus, mobilitas warfga terganggu. Belum lagi risiko adanya korban jiwa saat longsor terjadi,” katanya. (mif/klik)