Pertokoan Mutiara di Pasar Martapura Direhab, Direktur PD Pasar: Milik Pribadi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
DIBANGUN - Pertokoan Mutiara di kawasan Pasar Martapura dalam tahap pembangunan. (foto: to/klik)

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pertokoan Pasar Mutiara di kawasan Pasar Martapura direhabilitasi. Saat ini, masih berlangsung proses pembongkaran bangunan berada di Jalan Sukaramai, Kelurahan Murung Kenanga, Kecamatan Matapura ini. Dari plang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang tepasang, bangunan pertokoan yang akan dibangun seluas 896.00 meter dengan konstruksi dua lantai.

Rusdiansyah, Direktur Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) ditemui, Jumat (26/11/2021) mengatakan, pembangunan pertokoan yang baru dimulai di penghujung tahun ini dilakukan oleh pemilik lahan. Karena status lahan dan bangunan tersebut adalah milik orang pribadi.

Meski berstatus milik pribadi, menurut Rusdi, nantinya tetap akan dibikin perjanjian kerjasama dalam rupa nota kesepahaman bersama, atau Memorandum of Understanding (MoU) antara PD PBB dengan pemilik. Karena bagaimanapun, pertokoan berada di kawasan Pasar Martapura di bawah pengelolaan PD PBB.

Terlebih lagi lanjutnya, ada perubahan konstruksi dan kegiatan usaha, dari yang sebelumnya jasa hotel atau penginapan menjadi jasa perdagangan. Rencananya, di kawasan pertokoan yang baru akan dibangun 66 kios dan 8 ruko.

“Sebelum pembangunan dimulai, kami sudah bertemu dengan pemilik membicarakan itu. Pada dasarnya pemilik menyetujui dan siap bekerjasama untuk berkontribusi dengan pemerintah daerah, dalam hal ini PD Pasar,” kata Rusdiansyah.

Termasuk yang disepakati pemilik, lanjutnya, kesiapan menyediakan fasilitas umum, kebersihan dan keamanan. Karena keberadaan bangunan pertokoan yang baru tetap harus seiring dengan program pemerintah daerah dalam upaya menata kawasan pasar yang lebih baik, bersih, aman, dan nyaman.

“Termasuk bersinergi dengan program pembangunan ‘Air Santri’ di kawasan Kelurahan Murung Keraton. Termasuk dalam program ‘Air Santri’ di kawasan Pasar Masrtapura, adalah pembangunan drainase dan pesestrian,” kata Rusdiansyah. (to/klik)

BACA JUGA :
Sidak Harga Pangan Sepekan Jelang Lebaran, Bupati: Kenaikan Harga Tak Signifikan

Berita Terbaru

Scroll to Top