Tetap Berkarya di Usia Tua, H Iberamsyah Barbary Luncurkan Novel Isai ‘Bangku Panjang’

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
H Iberamsyah Barbary, penulis novel esai 'Bangku Panjang'

klikkalimantan.com, BANJARBARU- Usia tidak menjadi patokan untuk terus berkreasi. H Iberaamsyah membuktikannya. Di usianya yang sudah 73 tahun, ia tetap menulis. Baru-baru ini ia meluncurkan novel esai berjudul ‘Bangku Panjang’ bersama Yayasan Kamar Sastra Nusantara . Peluncuran buku sekaligus diskusi ini dilaksanakan di Studio Mini Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banjarbaru, Selasa (7/12/2021).

Menurut H Iberamsyah Barbary, novel esai ini merupakan perpaduan tulisan esai dibalut dialog-dialog kecil untuk menghidupkan isi novel. “Tulisan esai dengan novel dikawinkan maka dalam esai ini ada dialog-dialog hidup, sehingga terciptalah novel esai ini,” ungkapnya.

Diceritakan Iberamsyah, mengapa ia memilih novel esai ini, dirinya belum pernah menulis novel esai sama sekali, hal ini berdasarkan buyut Arsyad salah seorang temannya dan buyut Iberamsyah dengan latar belakang yang sama yaitu guru besar.

Sekarang pun ia sedang menulis buku-buku pantun dan puisi dan sudah ada tiga manuskrip, namun belum dicatatnya karena terkendala dana.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru, Mahrufin menerangkan dalam acara peluncuran dan diskusi novel esai “Bangku Panjang” hanya memfasilitasi tempat.

“Kami hanya memfasilitasi komunitas yang ada di Banjarbaru, ini merupakan salah satu bentuk dukungan dalam meningkatkan minat literasi bagi warga Kota Banjarbaru,” ungkapnya.

Diakuinya, sebelumnya Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru hanya sebatas mendatangkan orang luar, sementara masyarakat Banjarbaru tidak terlibat seperti peserta didik yang masih sekolah maupun mahasiswa.

“Ke depan kalau memang ada program, kita bisa undang beberapa penulis yang potensial berkeinginan membedah buku, akan mengangkat Kota Banjarbaru sebagai kota sastra atau kota literasi,” ujarnya. (kus/klik)

BACA JUGA :
Sampah Menumpuk di Eks Pasar Bauntung, Kepala DLH: Sudah Sering Kami Angkut

Berita Terbaru

Scroll to Top