Banjarbaru Dipastikan Dapat Dana Kelurahan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dapat Dipastikan Kota Banjarbaru akan mendapatkan cukuran Dana Kelurahan dari Pemerintah Pusat. Dari perhitungan, dana yang akan dikucurkan ke Kota Idaman ini sebesar Rp7,4 miliar.

Kepastian kucuran dana kelurahan tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jainuddin. Menurutnya, pihaknya sudah mendapatkan kepastian akan kucuran dana keluarhan dari pemerintah pusat.

“Iya memang benar, kami sudah mendapatkan kepastian akan kucuran dana tersebut,” ujarnya.

Lanjut Jainuddin, ada tiga kategori. Kita yang sedang yakni kelurahan dengan pelayanan publik perlu peningkatan. Dananya 370 juta setiap kelurahan, Banjarbaru punya 20 kelurahan.

Soal kapan dana ini akan sampai di Banjarbaru. Jainuddin menyebut sekarang belum menerimanya.
“Direncanakan Januari ini untuk tahap satunya, paling lambat Februari. Kita masih menunggu kabar dari pusat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Dalam pengalokasiannya, semua kabupaten dan kota penerima akan dikelompokkan menjadi tiga kategori berdasarkan kualitas pelayanan publik dan dihitung secara proporsional sesuai jumlah kelurahan pada daerah dimaksud.

Pertama, kategori baik yang dialokasikan untuk 2.805 kelurahan pada 91 kabupaten/kota dengan alokasi Rp 352,9 juta per kelurahan.

Kedua, kategori perlu ditingkatkan yang dialokasikan untuk 4.782 kelurahan pada 257 kabupaten/kota dengan alokasi Rp 370,1 juta per kelurahan.

Ketiga, kategori sangat perlu ditingkatkan yang dialokasikan untuk 625 kelurahan pada 62 kabupaten/kota dengan alokasi Rp 384 juta per kelurahan. (rul)

BACA JUGA :
Cegah Stunting, Awasi Pertumbuhan Anak

Berita Terbaru

Scroll to Top