Haul 216 Datu Kalampayan, Bupati Sempatkan Lihat Benda Peninggalan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalikalimantan.com, MARTAPURA – Haul ke-216 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary dilaksanakan Sabtu (7/5/2022) di Masjid Jami Tuhfaturrogibin, Desa Dalam Pagar Ulu, Kecamatan Martapura Timur. Haul ulama masyur dikenal Datu Kalampayan ini diikuti puluban ribuan jemaah.

Pembacaan syair Maulidurrasul oleb Guru Hakim Al Banjary, mengawai rangkaian peringatan haul. Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Quran Nanda Muhammad Rizqon, qari asal Mandiangin yang menjadi Juara I MTQ Internasional di Turki. Sedangkan manakib Guru Kelampayan dibacakan Guru Zainal Ilmi. Pembacaan surah Yasin, doa dan tahlil dipimpin KH Wildan Salman menjadi puncak peringatan haul.

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor hadir pada peringatan haul. Pun dengan Bupati/Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur – Habib Idrus Al Habsyie yang khusyuk mengikuti rangkaian peringatan haul bersama para ulama, habaib, dan para zuriat Datu Kalampayan.

Dikatakan Gubernur H Sahbirin Noor, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel sungguh sangat menyadari masyarakat Banua sangat religius dan agamis. “Oleh karena itu hari ini kita dipertemukan semua dengan bahagia karena bisa melaksanakan haul datu kelampayan yang ke 216,” ujarnya sembari bermunajat masyatakat yang hadir mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Usai peringatan haul, Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama Wakil Habib Idrus Al Habsyie menyempatkan melihat beberapa benda peninggalan Datu Kalampayan, di antaranya ranjang dan cermin.

Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari adalah anak dari Abdullah dan ibunya bernama Aminah. Beliau dilahirkan pada malam Kamis 15 Shafar 1122 H/19 Maret 1710 M pukul 3 subuh di Desa Lok Gabang. Beliau wafat pada malam Selasa 6 Syawal 1227 H/3 Oktober 1812 M dalam usia 105 tahun. Dimakamkan di Desa Kalampayan, Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. (to/klik)

BACA JUGA :
Pawai Peringatan Tahun Islam di Kabupaten Banjar Diikuti Ribuan Santri

Berita Terbaru

Scroll to Top