Bupati Audiensi Pembentukan Kantor Keimigrasian

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Bupati Balangan H Abdul Hadi bersama dan Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan melakukan audiensi dengan Wakil Menteri Hukum HAM RI, Edwar Omar Sharief Hiariej, Rabu (2/3/2022) di ruang rapat Wakil Menkum-HAM di Jakarta. Didampingi Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum-HAM) Kalimantan Selatan, Heni Susila Wardoyo audiensi dilakukan terkait pembentukan Unit Kerja Kantor (UKK) Keimigrasian Balangan.

Bupati Abdul Hadi menyampaikan, persiapan yang telah dilaukan Pemkab Balangan untuk pembentukan UKK Keimigrasian telah melaksanakan perencanaan pemberian hibah atas lahan yang akan di gunakan sebagai kantor.

“UKK Imigrasi Balangan akan berlokasi eks Kantor Koperasi dan UMKM Balangan. Sarana prasarana juga sudah kita anggarkan sekitar 90 persen di akomodir di APBD Kabupaten Balangan Tahun Anggaran 2022,” kata Bupati.

Mengenalkan lebih awal kehadiran UKK Keimigrasian di Kabupaten Balangan, Abdul Hadi juga menyampaikan bahwa telah dilaksanakan layanan awal dengan dasar Perjanjian Kerjasama antara Pemkab Balangan dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin No. No. 130.5/21/PEM/2021 dan No. W.19.IMI.IMI.1.GR.06.01-2585 tentang Penyelengaraan Pelayanan Penerbitan Paspor Biasa dengan Jangka Waktu Terbatas di Kabupaten Balangan.

“Layanan terbatas dilakukan 2 minggu sekali dalam 2 hari. Dari layanan terbatas yang dilakukan dari awal Januari 2022, tercatat sudah 63 pemohon Paspor. Pemohon pun tidak hanya berdomisili di Kabupaten Balangan, tercatat pemohon ada yang berasal dari kabupaten tetangga bahkan dari luar provinsi,” ujarnya.

Mengingat pentingnya keberadaan layanan keimigrasian tersebut, Abdul Hadi mengharapkan UKK Keimigrasian di Kabupaten Balangan dapat segera diresmikan, sehingga pelayanan yang diberikan tidak lagi terbatas, namun bisa melayani optimal layaknya Kantor Imigrasi. “Kami juga sangat berharap kesediaan Bapak Menteri dan Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, untuk meresmikan langsung UKK Imigrasi di Balangan yang kami rencanakan bertepatan dengan moment puncak Hari Jadi Ke-19 Tahun Kabupaten Balangan Tahun 2022 ini,” kata Abdul Hadi. (rdh/klik)

BACA JUGA :
Bapemperda Desak Raperda Minol Segera Disahkan

Berita Terbaru

Scroll to Top