Lulusan Akbid Jangan Fokus Jadi PNS

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kadis Kesehatan Banjarbaru drg Agus Widjaja menghadiri Capping Day Akademi Kebidanan (Akbid) Banua Bina Husada (BBH) Kota Banjarbaru Angkatan XI Tahun Akademik 2018/2019, di Hotel Rodhita, Sabtu (16/2).

Agus mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa Akbid BBH. Menurutnya, dengan mengikuti proses pemasangan kap ini, maka sudah siap menjadi seorang bidan yang mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Seorang bidan juga perlu memiliki karakter diri yang baik, sehingga mendapat simpati masyarakat,” pintanya.

Dia pun berharap Akbid BBH meningkat lagi dan terbuka menerima masukan dari masyarakat. Dan setelah lulus, tidak harus menjadi PNS, melainkan menjadi bidan mandiri yang siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pengawas Akbid Banua Bina Husada, Hermansyah menambahkan, capping day (pemasangan kap/topi bidan) kali ini diikuti sebanyak 39 mahasiswa yang berasal dari Kalsel, Kalteng dan Kaltim, hingga Jambi.

Dia menjelaskan, sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa harus mengikuti capping day yang dibekali ilmu teori dan praktik di laboratorium kampus.

“Dengan mengikuti capping day, mahasiswa Akbid BBH bisa terjun ke lapangan,’’ ujarnya sembari menyebutkan pendidikan bukan hanya di kampus, melainkan juga di rumah.

Menurutnya, pendidikan kesehatan adalah pendidikan untuk semua. Dan seorang bidan harus dibekali pengetahuan IT yang bagus, sehingga menjadi tenaga profesional serta menjadi SDM berkualitas.

Ketua IBI Kalsel Tut Barkinah mengatakan, menuju atau menjadi bidan harus menjalani perkuliahan selama enam semester. Pendidikan akan berakhir saat yudisium.

Tut Barkinah juga sangat mengapresiasi Akbid BBH dan seluruh jajaran yang menjalankan organisasi profesi dengan baik.

Sementara Pembina Yayasan Banua Bina Husada, H Sampurna Tarigan mengatakan, suasana politik juga berimbas kepada dunia pendidikan. Karena itu diharap pimpinan negara memperhatikan masalah pendidikan.

BACA JUGA :  Syekh Ali Jaber Tausiah di Masjid Agung Al Munawarah Banjarbaru

“Persaingan memang ada, tapi ke arah yang sehat, karena itu kami terus meningkatkan kualitas pendidikan di Akbid BBH,” ujarnya.

Dia optimis Akbid BBH pada tahun 2020 menjadi universitas dengan memiliki jurusan andalan yang dibutuhkan masyarakat.(ru)