20 Desa di Empat Kecamatan Terendam Rob

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Puluhan desa di empat kecamatan di Kabupaten Banjar terdampak banjir Rob sejak 18 Mei 2022. Disebutkan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Sufrianto ada empat wilayah kecamatan terdampak akibat tingginya aor laut melebihi bibir pantai ini.

Empat wilayah kecamatan tersebut; Kecamatan Aluh-aluh, Tatah Makmur, Beruntung Baru, dan Sungai Tabuk. “Rob juga dipicu adanya badai dan hujan terus menerus,” kata Sufrianto ditemui Selasa (24/5/2022).

Dari empat kecamatan tersebut, Tatah Makmur yang terparah dengan ketinggian air 10 – 40 Centimeter merendam di tiga desa; Desa Mekar Sari, Bangkal Tengah dan Pandan Sari.

Pun dengan Kecamatan Aluh-aluh dan Sungai Tabuk, masing ada tiga desa terendam. Lebih banyak lagi di Kecamatan Beruntung Baru dan Tatah Makmur, masing-masing tujuh desa terdampak. “Siklus air pasang terjadi setiap pukul 14.00 – 17.00 Wita,” imbuhnya.

Dikatakan Sufrianto, sklus pasang surutnya air laut tidak terprediksi oleh BMKG karena Banjir ROB sering terjadi setiap tahunnya pada Desember – Februari.

Ditambahkan dia, pihaknya saat ini telah menyiapkan perahu karet sebagai antisipasi jika terjadi peningkatan debit air yang signifikan untuk evakuasi warga ketempat yang lebih aman. Selain itu juga ada bahan logistik untuk keperluan masyarakat yang terdampak.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di bantaran sungai apabila terjadi kenaikan debit air yang cukup tinggi agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. (to/klik)

BACA JUGA :
Akan Ada Badai Lanina, Bupati Banjar Beri Instruksi