Satu Desa Satu Perpustakaan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MENYERAHKAN - Penjabat Sekda Banjar I Gusti Nyoman Yudiana menyerahkan hadih kepada pemenang lomba bercerita tingkat Provinsi Kalsel dan lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Banjar.

KLIKKALIMANTAN.COM – Besar kucuran dana yang diterima desa dan kelurahan diharapkan dapat berimbas baik pada peningkatan sektor pendidikan. Salah satunya pemanfaatan dana desa dan kelurahan untuk pembangunan perpustakaan desa sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat.

Karena itu menurut Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) I Gusti Nyoman Yudiana saat menjadi Pembina apel gabungan lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, Senin (13/5/2019), yang sekaligus dalam rangka peringatan Hari Buku dan Hari Kearsipan Nasional, diharapkan seluruh desa dan kelurahan memiliki satu perpustakaan.

Menurutnya menyampaikan pesan Bupati Banjar H Khalilurrahman, dengan adanya perpustakaan desa atau kelurahan dapat mengurangi kemiskinan informasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Sejalan pula dengan kebijakan nasional yang menjadikan urusan perpustakaan ke dalam prioritas nasional dengan program prioritas Budaya Literasi.

“Sangat membanggakan, tahun ini Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia telah melakukan audit kearsipan terhadap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai lembaga kearsipan daerah Kabupaten, dan telah berhasil masuk enam besar Lembaga Kearsipan Terbaik Nasional,” katanya.

Keberhasilan diharapkan jadi semangat agar terus meningkatkan pengelolaan kearsipan. Seluruh kepala SKPD supaya memberi perhatian lebih terhadap pengelolaan kearsipan, karena arsip adalah sumber informasi autentik dan terpercaya.

Usai apel, I Gusti Nyoman Yudiana menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Bercerita tingkat Provinsi Kalsel dan pemenang lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Banjar.

Pemenang lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Banjar juara pertama diraih Perpustakaan Istiqamah Desa Dalam Pagar Ulu, juara kedua perpustakaan Desa Keliling Benteng Ulu Martapura dan juara ketiga perpustakaan Kita Desa Selat Makmur Beruntung Baru. (adv/to/klik)

BACA JUGA :
Bupati - Kapolres Banjar dan Banjarbaru Tandatangani Nota Perjanjian Hibah Dana Pengamanan Pilkada

Berita Terbaru

Scroll to Top