Pemko Serahkan Bansos RT Mandiri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Klikkalimantan.com, Banjarbaru – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru, serahkan bantuan sosial (bansos) RT Mandiri. Bansos RT Mandiri ini diberikan kepada 3 RT terpilih disetiap kelurahan se-Kota Banjarbaru.

Rt mandiri merupakan program visi Walikota dan Wakil Walikota, bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Banjarbaru melalui program RT mandiri. Seperti hari ini, Selasa (3/8/2022) Pemko Banjarbaru menyerahkan secara simbolis bansos rt mandiri, yang ada di Kecamatan Banjarbaru Selatan.

“Hari ini, kami menyerahkan bansos rt mandiri sebesar 75 Juta setiap rt nya. Di Banjarbaru Selatan ada 12 rt yang terpilih dari 4 Kelurahan,” ungkap Wartono, Wakil Walikota Banjarbaru usai penyerahan bansos .

Ia berharap dengan adanya rt mandiri ini bisa mensejahterakan masyarakat, dengan usaha-usaha yang akan mereka jalankan. Bansos tersebut, merupakan sebagai modal usaha untuk usaha yang akan mereka jalankan dengan jangka panjang.

“Harapan kami rt madiri ini, bisa benar-benar secara transparan terbuka dan secara administrasi juga dilakukan sesuai aturan. Jadi harus ada keterbukaan semua, dan sasaran kami pemko memang bantuan ini untuk mensejahterakan masyarakat,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya dalam rapat koordinasi (rakor) camat dan lurah se-Kota Banjarbaru, Kamis (26/8/2021), HM Aditya Mufti Arifin, Walikota Banjarbaru menyampaikan bahwa dalam RT mandiri tersebut memiliki beberapa indikator. Seperti adanya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perorangan, maupun kelompok. Serta ekonomi dari masyarakat dapat berkontribusi dalam lingkungannya.

“Sehingga tujuan kita memandirikan RT tersebut ini bisa tercipta baik, dari segi operasional anggaran di lingkungan RT, termasuk juga kesejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan kelurahan tersebut,” jelas Aditya.

Aditya juga menambahkan, bahwa nanti RT Mandiri ini akan dibagi dalam 60 RT, atau setiap kelurahan menunjuk tiga RT. Dalam pemilihannya camat dan lurah yang akan menyeleksinya. Kemudian anggaran untuk RT mandiri in sebesar Rp75 juta dibagi dalam 60 RT. (kus/klik)

BACA JUGA :
Empat Polindes Akan Direhab