Dinas Kominfo Gelar Bimtek Penyusunan Daftar Informasi Publik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
BIMTEK - Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartoo (kiri) saat membuka bimtek diselenggarakan Dinas Kominfo Kota Banjarbaru. (foto: kominfo)

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Banjarbaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Daftar Informasi Publik, Senin (8/8/2022) di Aula Gawi Sabarataan, Balaikota Banjarbaru. Diikuti para admin Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (SIP-PPID) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), keamatan, dan kelurahan se-Kota Banjarbaru, Bimtek dibuka Wakil Wali Kota Wartono.

Dikatakan Wakil Wali Wartono saat membuka bimtek, informasi publik merupakan hak masyarakat yang harus dipenuhi sesuai amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Semoga setelah diadakan bimtek ini, dalam pelaksanaan SIP-PPID kedepannya bisa berjalan dengan baik, terutama tingkat SKPD-SKPD,” katanya.

Lebih lanjut, Wartono juga menyampaikan bimtek penyusunan daftar informasi publik yang dilaksanakan pada hari ini, dapat menjadi pedoman bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Dan semoga output dari bimtek ini bisa melakukan transparansi dari segala bidang, good governance, open governance dan sebagainya. Jadi tingkat SKPD ini benar-benar bisa mendalami peran dan fungsi didalam SIP-PPID ini,” kata Wartono.

Sementara itu, Asep Saputra, Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarbaru yang juga menjadi narasumber pada bimtek mengatakan, bimtek yang dilaksanakan untuk menyamakan persepsi, visi dan misi bagi para admin SIP-PPID se-Kota Banjarbaru.

“Sehingga apa yang kita harapkan kedepan untuk meraih sesuatu dalam hal informasi publik dan dokumentasinya lebih baik lagi kedepan. Dengan adanya bimtek ini mengharapkan mereka lebih professional dalam rangkaian untuk pengelolaan SIP-PPID di Dinas masing-masing atau yang dikelola oleh mereka,” ucapnya.

Asep melanjutkan, seiring dengan pengelolaan informasi publik ini tidak luput dengan adanya Satu Data yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru. “Data yang kita kelola itu pun nantinya terintegrasi semua, sehingga dengan adanya Satu Data nanti kedepan semua lingkup informasi data-data yang masuk dalam sektoral itu akan lebih dinamis lagi. Sehingga peran teman-teman PPID lebih maksimal lagi kedepannya dengan didukung oleh Satu Data,” imbuhnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Gubernur Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Bergerak di Tanbu