Tim Verifikasi PHBS Datangi Banjarbaru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani hadiri verifikasi Lapangan Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Nasional 2019, di Jalan Kasturi Gang 6, RT 33 RW 07 Kelurahan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru.

Tim verifikasi dipimpin Pimanih dan Emma dari Kementerian Kesehatan, didampingi Laksmi Widyastuti dari TP PKK Pusat.
Tampak Camat Landasan Ulin H Abdul Malik, Lurah Syamsudin Noor Muhammad Fatah, Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya, Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj Nahdatun Nusrah, Wakil Ketua IV TP PKK Prov Kalsel, Kepala SKPD, Camat, Lurah, Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Banjarbaru.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pimanih, tim Verifikasi Lapangan Lomba PHBS tingkat Nasional 2019 dan rombongan, di Kelurahan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru.

“Banjarbaru adalah Kota Pelayanan yang berkarakter. Salah satu upaya untuk mengubah perilaku masyarakat agar mendukung peningkatan derajat kesehatan dilakukan melalui program pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ujar Walikota.

Lanjutnya, hidup sehat dapat dicapai dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam gaya hidup sehari-hari. Maka dari itu perlu untuk menggerakkan dan memberdayakan keluarga untuk hidup bersih dan sehat.

H Nadjmi Adhani menyampaikan, Kelurahan Syamsudin Noor sudah masuk nominasi enam besar nasional tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehatnya. Dimana 10 indikantor yang menjadi penilian dalam lomba PHBS yaitu : persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang bayi dan balita setipa bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air besih dan mengalir dengan sabun, menggunakan jamban sehat,memberantas jentik nyamuk, makan sayur dan buah, melakukan aktifitas fisik dan serta tidak merokok di rumah.

BACA JUGA :
Pemilu 2024, Wali Kota Nyoblos di TPS 10 Jalan Garuda

Ketua tim Verifikasi Lapangan Lomba PHBS tingkat Nasional 2019 dra Pimanih M Kes menyampaikan pihaknya melakukan evaluasi bersama PHBS, tentang laporan lomba PHBS yang disampaikan Dinas Kesehatan, telah diputuskan Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili Kota Banjarbaru masuk nominasi lomba PHBS tingkat nasional.

“Kami ingin berdiskusi dengan kader dan juga melihat 10 indikator PHBS yang sudah dilaksanakan di Kelurahan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjar Baru ini, yaitu tentang persalinan dan sebagainya,” ujarnya.

Berita Terbaru

Scroll to Top