Bupati Ikuti Konferensi Video Kendalikan Inflasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Bupati Balangan H Abdul Hadi mengikuti konferesni video bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan RI, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BPKP RI, Senin (5/9/2022) di Aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati Balangan di Paringin. Konferensi video juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Bupati Balangan, Abdul Hadi mengatakan bersama-sama dengan Forkopimda Kabupaten Balangan mendapatkan arahan dari Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Kapolri, Jaksa Agung, terkait penanganan pengendalian inflasi daerah terkait dan kenaikan BBM.

“Tadi berdasarkan arahan yang kita terima dari Kementerian Dalam Negeri, itu akan ditindaklanjuti dengan rapat-rapat Forkopimda Kabupaten Balangan.” Kata Bupati Abdul Hadi.

Pada video konferensi, kata Abdul Hadi, daerah diminta pro aktif dalam rangka menyikapi inflasi yang terjadi di kabupaten masing-masing. “Besok rencananya pemerintah daerah akan rapat dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah dan Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Balangan, sekitar jam 10 pagi kemudian jam 2 siang, itu akan ditindaklanjuti dengan rapat dengan Forkopimda,” ujarnya.

Rapat lanjutan membahas langkah-langkah yang diambil pemerintah daerah, apa yang harus dilakukan. Rencana aksi apa saja, sehingga inflasi didaerah bisa dikendalikan.

Berdasarkan arahan, ada penggunaan dana desa, ada penggunaan refocusing 2 persen dari dana alokasi umum yang ditransfer kementerian keuangan juga dana Belanja Tidak Terduga (BTT) yang bisa digunakan.

Langkah yang diambil bisa berupa bantuan sosial, kemudian menciptakan peluang kerja, kemudian membuat kegiatan yang swakelola, kemudian yang padat karya yang semuanya diharapkanbisa berdampak untuk pengendalian inflasi. (mah/klik)

BACA JUGA :
Ketua TP PKK Sambangi Pasien Rawat Inap RSUD Balangan

Berita Terbaru

Scroll to Top