Cara Disperindag Banjar Kembangkan IKM Berbasis Bahan Baku Lokal

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PELATIHAN - Pelatihan mengayam rotan dan purun di Kecamatan Aranio yang dilaksanakan Disperindag Kabupaten Banjar awal Mei lalu.

KLIKKALIMANTAN.COM – Wilayah Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar termasuk wilayah kaya hasil hutan. Rotan dan purun dua jenis tanaman yang banyak dijumpai di mayoritas desa di kecamatan tersebut.

Memanfaatkan rotan dan purun menjadi barang bermanfaat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar melaksanakan pelatihan anyaman rotan dan purun yang diikuti warga dari tiga desa; Desa Baliangin, Tiwingan Baru, dan Aranio belum lama tadi.

Tak tanggung-tanggung, untuk melatih warga yang memang menginginkan adanya pelatihan, Disperindag Banjar mendatangkan Ida Herawati dan Anita Kumala Sari dari Yogyakarta sebagai instruktur pelatihan.

Menurut I Gusti Made Suryawati, Kepala Disperindag Kabupaten Banjar, pelatihan yang dilaksanakan awal Mei lalu selama lima hari sesuai permintaan masyarakat yang sebeumnya mengusulkan dilaksanakan pelatihan mengayam rotan dan purun.

Atas usulan tersebut, Made Suryawati mengaku menyambut baik. Terlebih lagi kegiatan pelatihan sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan ini selaras visi dan misi Bupati Banjar H Khaliilurrahman.

Made Suryawati menerangkan lebih jauh, Disperindag Banjar berusaha memajukan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Banjar, tak terkecuali di Kecamatan Aranio. Melalui pelatihan diharapkan berdampak baik pada perkembangan sektor industri potensial berbasis bahan baku yang dimiliki tiap desa atau kecamatan. (to/klik)

BACA JUGA :
Pemkab Balangan Hibahkan Aset untuk PN Paringin

Berita Terbaru

Scroll to Top