Pasar Murah Ramadhan DPKP, Paman Birin: Efektif Bantu Masyarakat Jelang Lebaran

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PASAR MURAH - Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor meninjau sejumlah gerai di pasar murah Ramadhan 1444 H di halaman Kantor DPKP Kalsel di Banjarbaru.

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Pasar Murah Ramadhan 1444 H, Senin (17/4/2023) di pelataran kantor dinas setempat di Banjarbaru. Pasar murah lima hari jelang Lebaran Idul Fitri ini dibuka Gubernur H Sahbirin Noor.

Digelar sehari, pasar murah menyediakan sejumlah bahan pangan ini segera diserbu warga. Ada beras, daging ayam ras, telur, bawang merah, bawang putih, tepung terigu, ikan, minyak goreng, gula, dan jenis bahan pangan lain dijual panitia dengan harga lebih murah dibanding harga pasar.

Gubernur akrab dengan sapaan Paman Birin ini menyambut positif digelarnya pasar murah. Ini efektif membantu masyarakat, utamanya yang kurnag mampu mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah. “Dengan adanya pasar murah, minimal bisa menekan harga kebutuhan pokok di masyarakat,” ujarnya.

Kesempatan seperti ini ujar Paman Birin, sangat dibutuhkan pada saat bulan Ramadhan ini hingga lebaran Idul Fitri nantinya, karena kecenderungan sejumlah bahan pokok dan barang mengalami kenaikan yang dipicu tingginya permintaan.”Melalui pasar murah juga, kita menumbuhkan rasa saling menolong dan membantu sesama,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Paman Birin, keberadaan pasar murah merupakan bukti tindakan nyata dalam menghadapi ancaman inflasi yang kerap terjadi setiap momentum seperti waktu mendekati lebaran atau hari raya idul fitri.

Masyarakat yang tergolong kurang, tentunya akan merasakan dampak kenaikan harga, dan kondisi ini akan memberatkan mereka, apalagi diharapkan dengan keperluan lain seperti keperluan pakaian atau biaya mudik.”Setiap tahun memang begini, mestinya disiapkan antisipasi lebih tajam lagi,” kata Paman Birin.

Selain ikut membeli sejumlah barang yang dijual pedagang di pasar murah Ramadan 1444 hijriyah ini, Paman Birin juga meminta tiap kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, minimal belanja di tempat ini Rp 500.000.

BACA JUGA :
Pengalihan Aset untuk PDAM Intan Banjar

Sementara itu, Kepala DKPP, Syamsir Rahman mengatakan, kegiatan yang diikuti 32 pedagang atau stand ini  merupakan hasil kerjasama dengan dinas perkebunan dan peternakan, dinas perdagangan lingkup Pemprov Kalsel serta stakeholder lain seperti Bulog Kalsel dan Bank Indonesia (BI). “Disini harganya jauh lebih murah dibanding harga pasaran, karena ada subsidi pemerintah,” ujarnya.

Pasar Murah ujar Syamsir, sebagai langkah antisipatif inflasi yang akan terjadi menjelang lebaran nanti. Terutama pada komoditas daging, cabai, ditambah non pangan seperti BBM dan tarif angkutan. (to/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top