PUPRP Sudah Perbaiki Ruas Jalan Alimukim-Kahelaan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Atasi persoalan ruas Jalan Alimukim-Kahelaan yang mengalami kerusakan, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar melakukan perbaikan badan ruas jalan tersebut.

Jimmy selaku Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Banjar mengatakan, upaya perbaikan ruas jalan kabupaten di Desa Alimukim, Kecamatan Pengaron, yang terhubung dengan Desa Kahelaan, Kecamatan Sungai Pinang, sudah dilakukan sejak awal April 2023 lalu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 dengan nilai kontrak Rp789.751.200.

“Waktu pelaksanaan selama 90 hari kalender, dan pada Mei 2023 lalu sudah dilakukan PHO (Provisional Hand Over) atau serah terima sementara pekerjaan. Alhamdulillah sudah sesuai dengan harapan masyarakat setempat,” ujarnya, Jum’at (7/7/2023).

Sedangkan untuk panjang penanganan ruas jalan secara efektif, lanjut Jimmy, dilakukan sepanjang 2Km.

“Setiap titik ruas jalan yang mengalami kerusakan cukup parah kita lakukan penanganan. Sedangkan untuk penanganan keseluruhan dengan panjang 10 Km kita lakukan pembersihan area jalan. Pengerjaan ruas jalan ini dimulai dari Km 34 Desa Kahelaan,” jelasnya.

Pengerjaan ruas jalan tersebut, lanjut Jimmy, dilakukan dengan pola kerja sama dengan TNI yang memang rutin dilakukan setiap pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota.

“Kerja sama ini sudah umum dilaksanakan. Karena, selain persoalan teknis, tentu ada hal-hal yang sifatnya sosial lingkungan, dan hanya dapat dilakukan dengan cara kerja sama. Karena itu pengerjaan ruas jalan ini melalui pola kerja sama dengan pihak TNI,” ujarnya.

Terlaksananya penanganan ruas jalan kabupaten yang rusak tersebut, mendapat tanggapan positif dari salah satu warga di Desa Kahelaan, yakni Heryadi. Mengingat, kondisi ruas jalan rusak tersebut terkahir kali dilakukan perbaikan di 2017 lalu.

BACA JUGA :
Disdik Banjar Kembali Wacanakan PTM

“Alhamdulillah jalannya sudah bagus. Kalau bisa titik-titik jalan yang sering menampung air hujan, agar diperbaiki juga dan dibuat drainase. Sehingga jalan yang diperbaiki tidak cepat rusak,” harapnya.(zai/klik)

 

Scroll to Top