Sepekan Jelang Idul Adha Cadangan Beras di Kabupaten Banjar Aman

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
BERAS - Sepekan jelang peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H, ketersediaan beras di Kabupaten Banjar aman. (foto: dok/klik)

klikkalimantan.com– Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, ketersediaan beras dipastikan aman. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Banjar, Eddy Hasby usai kegiatan ‘Pertemuan Koordinasi Peberasan Kabupaten Banjar 2019’ di Aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Selasa (6/8/2019).

“Kami selalu memantau kondisi ketersediaan dan tingkat konsumsi masyarakat terhadap beras di Kabupaten Banjar, utamanya saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN),” ujar Eddy Hasby.

Menurutnya, ketersediaan dan konsumsi beras tak selalu berubah-ubah dilatarbelakangi berbagai faktor, baik faktor alam seperti musim kemarau, tipe lahan dan jadwal panen beras di wilayah Kabupaten Banjar.

Melalui pemantauan, kemungkinan terjadinya lonjakan harga beras tidak akan merugikan kalangan petani. “Ada upaya yang kita tempuh dan kita intervensi kalau ada gejolak harga yang merugikan petani, maupun terkait serangan hama penyakit dilapangan,” tutur Eddy.

Dikatakan Eddy, berdasarkam data tahun lalu, rasio ketersediaan beras berada di atas 2,19. “Artinya, ketersediaan cadangan beras kita aman atau dua kalilipat lebih banyak cadangan beras dari pada konsumsinya, harganya pun saat ini masih stabil karena kita nerada di musim panen,” tutupnya. (zai/klik)

BACA JUGA :
Ketua DPRD Imbau Dinkes Proaktif Tangani Taufik Gozali

Berita Terbaru

Scroll to Top