Lomba Kuliner Banjar Ajang Promosi Panganan Lokal

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
KULINER BANJAR - Bupati Banjar H Khalilurrahman saat meninjau stand Lomba dan Festival Kuliner Banjar dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar dan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

klikkalimantan.com – Menjadi rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar dan HUT ke-74 RI, Lomba Kuliner Banjar dan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), Kudapan Ikan dan Kue Tradaisional di pelataran Kantor Bupati Banjar, Kamis (15/8/2019).

Bupati Banjar H Khalilurrahman yang hadir didampingi Ketua TP PKK Hj Raudhatul Wardiyah berharap, melalui lomba dan festival kuliner yang dimotori dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD); Dinas Tanaman Pangan dan Dinas Perikanan ini masyarakat, utamanya peserta dapat memanfaatkan bahan pangan lokal di tiap kecamatan sebagai pengganti karbohidrat harian.

“Penganekaragaman pangan menjadi upaya peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang B2SA dan berbasis pada potensi sumber daya lokal untuk mewujudkan SDM yang berkualitas menuju Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah,” ujar bupati.

Senada bupati, Ketua TP PKK Hj Raudathul Wardiyah menyampaikan bahwa dirinya senang digelarnya lomba yang mengusung tema ‘Meningkatkan Kreatifitas dan Inovasi Pengolahan Hasil Pangan’.

“Melalui lomba ini diharapkan mampu memanfaatkan olahan pangan lokal masing-masing kecamatan seperti pengganti karbohidrat contohnya umbi-umbian, sagu, sukun, dan jagung,” katanya.

Dilaksanakannya juga lomba kudapan ikan sebagai edukasi gemar ikan melalui ragam menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak. Dengan adanya lomba kue tradisional Banjar sebagai upaya untuk melestarikan kuliner tradisional khas Banjar, sehingga dapat lebih memperkenalkan jajanan khas Banjar kepada masyarakat luas.

“Saya berharap melalui lomba kuliner Banjar ini, masyarakat khususnya peserta lomba dapat berkreasi mengembangkan resep masakan Banjar yang sehat, bergizi, enak, menarik dan tidak membosankan,” harapnya. (lipsus/to/klik)

BACA JUGA :
Pengembangan Kawasan Sekumpul, Dinas PUPR Mulai Ukur Jalan

Berita Terbaru

Scroll to Top